26.6 C
Bogor
Thursday, April 25, 2024

Buy now

spot_img

Desember, Kota Bogor Miliki Alun-Alun

JURNAL INSPIRASI – Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor berencana akan meresmikan Alun-Alun yang berlokasi di atas lahan eks Taman Topi pada pekan kedua atau ketiga Desember 2021. Pasalnya, saat ini progres pengerjaan tersebut sudah 61,8 persen.

Diketahui, Alun-Alun seluas 1,7 hektare ini akan dilengkapi dengan beberapa zona. Mulai dari zona botani atau hutan kota, zona plaza, zona olahraga hingga zona religi yang akan terintegrasi dengan Masjid Agung Kota Bogor.

“Zona botani, disana ada pedestrian, ada pepohonan. Terus zona olahraga ada jogging track, alat outdoor fitness, tempat bermain anak. Lalu tersedia juga gedung TIC (tourist information center) untuk memberikan pelayanan informasi khususnya terkait dengan pariwisata Kota Bogor,” ujar Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman. juniarti Estiningsih, Senin (8/11).

BACA JUGA: Hari Pahlawan, Pemkot Ubah Dua Nama Jalan

Kemudian, kata dia, zona plaza yang bisa digunakan sebagai tempat edukasi masyarakat atau tempat tampilan para kreator seniman yang ingin berekspresi terkait dengan komunitasnya. “Terakhir adalah zona religi, disana akan ada taman Asmaul Husna dan akan terintegrasi dengan Masjid Agung,” tambahnya.

Esti, sapaan akrabnya menyatakan, progres pengerjaan alun-alun yang menghabiskan anggaran Rp 13,6 miliar ini  sudah di atas 60 persen. “Alun-alun progresnya sudah 61,8 persen. Sekarang ini masih terus dikejar dengan penambahan tukang yang awalnya 80, sekarang sudah ada 97 orang tukang. Mereka bekerja siang malam supaya tepat waktu,” ungkapnya.

BACA JUGA: Simpang Cikereteg Dan Pasar Caringin Penyebab Kemacetan Jalan Sukabumi

Di tengah Alun-Alun, lanjut Esti, juga akan hadir sebuah ruangan yang menyuguhkan sejarah yang menceritakan kepahlawanan Kapten Muslihat melalui diorama. “Patung iconic yang lama dari ahli waris minta untuk dibawa ke tempat yayasan dari Kapten Muslihat itu sendiri. Tapi kita akan buatkan lagi dengan material yang lebih bagus yaitu tembaga. Insya Allah itu masuk anggaran di 2022,” jelas Esti.

Esti berharap seluruh prosesnya berjalan lancar dan tepat waktu agar Alun-Alun ini bisa diresmikan pada 17 Desember 2021 mendatang.

**fredykristianto

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles