Pemdes Cibalung Tuntaskan Pembangunan Jalan Penghubung Ketiga Kampung

0
Desa Cibalung menyelesaikan pembangunan jalan poros desa.

JURNAL INSPIRASI – Pemerintah Desa (Pemdes) Cibalung, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor, akhirnya menyelesaikan pembangunan jalan poros desa sepanjang 850 meter dengan lebar 3 meter. Pembangunan jalan yang menghubungkan ketiga kampung itu dapat terealisasi, setelah Pemdes Cibalung menerima bantuan dana dari program Bupati Bogor.

Kepala Desa (Kades) Cibalung, Rusyadi mengungkapkan, kondisi jalan poros desa yang menghubungkan ketiga kampung itu, sudah menjadi program prioritas desa.

 “Alhamdulillah melalui anggaran Satu Miliar Satu Desa (Samisade) yang merupakan program Bupati Bogor, jalan ini akhirnya bisa dibangun,” ungkapnya kepada wartawan.

BACA JUGA: Pemdes Sadengkolot dan Kecamatan Leuwisadeng Jalin Persahabatan Lewat Sepak Bola

Rusyadi mengatakan, adapun untuk pelaksanaan pembangunannya, jalan yang menghubungkan antara Kampung Cibalung RW 02 dengan Kampung Jonggol RW 04, menggunakan bahan material hotmix.

 “Kalau jalan yang menghubungkan Kampung Jonggol ke Kampung Muara Cihideung, dilakukan betonisasi,” katanya.

Sebelum ada pembangunan, lanjutnya, kondisi jalan yang merupakan akses utama warga di tiga kampung beraktivitas itu, bebatuan dan tanah. Sehingga, menghambat aktivitas warga terutama saat membawa hasil panen pertanian.

 “Setelah jalan ini dibangun, mudah-mudahan bisa meningkatkan perekonomian warga setempat. Dan juga aktivitas warga menjadi lebih mudah, nyaman dan aman saat berkendara,” jelasnya.

BACA JUGA: Rumah Belajar Tunas Al-Falaq untuk Anak-anak yang Kurang Mampu

Sebagai Kades, Rusyadi mengaku akan mengedepankan kepentingan warga dan memberikan pelayanan terbaik. Hal itu sesuai dengan komitmennya kepada warga setelah dilantik menjadi orang nomor satu di Desa Cibalung.

 “Kami akan terus memperbaiki dan membangun infrastruktur yang ada di wilayah. Ini untuk mempermudah mobilitas warga, seperti saat akan ke kantor desa, kecamatan, Puskesmas maupun ke sekolah,” paparnya.

Tak hanya infrastruktur, Rusyadi berjanji akan membangun sumber daya masyarakat (SDM) sesuai dengan bidang dan keahliannya masing-masing, baik itu melalui pelatihan wirausaha maupun lainnya.

 “Bagi saya, membangun SDM sangat penting. Karena dengan SDM mumpuni, sudah pasti akan berdampak terhadap peningkatan ekonomi dan juga kesejahteraan warga,” imbuhnya.

BACA JUGA: Parkir Sembarangan, Truk Pengangkut Tanah Dikeluhkan Pengguna Jalan

Rusyadi berharap, bantuan keuangan melalui program Samisade yang digagas Bupati Bogor Ade Yasin, terus dipertahankan dan dilaksanakan setiap tahun. Alasannya, karena masyarakat yang ada dibawah sangat merasakan manfaatnya.

 “Kami dan warga Cibalung, mengucapkan terimakasih kepada Bupati Bogor. Melalui programnya ini, akhirnya infrastruktur di wilayah kami bisa dibangun,” tukasnya.

**denipratama/dedesuhendar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here