33.6 C
Bogor
Friday, March 29, 2024

Buy now

spot_img

Rumah Aspirasi Budhy Setiawan Bantu Masyarakat Ternak Domba dan Sapi

Budhy: Jangan Pelit Berbagi Ilmu

JURNAL INSPIRASI – Anggota Komisi IV DPR RI Budhy Setiawan menyatakan Rumah Aspirasi Budhy Setiawan siap menyalurkan bantuan yang diusulkan masyarakat. Kali ini, masyarakat akan mendapat domba dan sapi dari Kementerian Pertanian. “Bantuan ini akan memberi manfaat dan nambah penghasilan. Bagi yang sudah berhasil jangan pelit berbagi ilmu,” ujar Budhy saat Bimbingan Teknis dan Sosialisasi Kegiatan Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Tahun 2021 di Sahira Hotel, Kamis (28/10).

Budhy juga mengajak masyarakat jangan segan-segan datang ke Rumah Aspirasi jika ada kendala karena program ini akan dikawal dan murni untuk membantu masyarakat.

Anas S. Rasmana

Lalu dari masyarakat, Agus Murjito mengaku program bantuan telah dirasakan manfaatnya. “Pernah terima bantuan ikan dan sekarang masih berjalan, terimakasih Pak Budhy,” ujar Agus. “Kami ingin dibantu dipenyediaan lahan untuk dijadikan lahan pakan,” sambung Abdul Hamid.

BACA JUGA: Anton Inisiasi 18 Program Skill Literasi Digital

Sedangkan menurut Direktur  Rumah Aspirasi Budhy Setiawan wilayah Bogor, Yoda Miharja, ada 20 ekor sapi dan 25 domba dalam kategori bantuan ruminansia. “Sapi dan domba ini unggulan. Tempatnya sudah ada di Katulampa,” kata dia.

Sementara Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bogor Anas S. Rasmana menyambut baik upaya Komisi IV DPR RI dan Kementerian Pertanian mengucurkan programnya di ‘Kota Hujan’. “Kota Bogor telah melakukan sejumlah program inovasi, misalnya Bogor Berkebun. Nah, ini bisa dilakukan memanfaatkan lahan sempit dan tempat-tempat tak terpakai,” kata dia.

drh.Wina,MA

Di Kota Bogor juga bahkan kini sudah ada komunitas yang menjadikan komoditi jualan hewan ternak mirip hewan peliharaan. “Ada yang sudah bisa mendatangkan cuan, misal kelinci rupa anjing. Di Bogor juga, meskipun kotanya kecil tapi jadi sentra tanaman hias dan khusus di Rancamaya jadi ikon durian,” jelasnya.

BACA JUGA: Buku ‘Sepenggal Cerita dari Sekolah Ibu – 25 Kisah Inspiratif’ Segera Dilaunching

Sedangkan Bimbingan Teknis dan Sosialisasi Kegiatan Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Tahun 2021, peserta juga menimba ilmu dari Kepala Bidang Peternakan DKPP, drh.Wina,MA yang jadi narasumber.

**ass

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles