24.6 C
Bogor
Friday, April 26, 2024

Buy now

spot_img

Dongkrak Ekonomi di Pasar Dayeuh, Jalan Cibodas – Sukanegara Dihubungkan

JURNAL INSPIRASI – Banyaknya keluhan yang disampaikan oleh para pedagang Pasar Dayeuh akibat sepinya pembeli membuat Kepala Desa Sukanegara Ahmad Yani harus berpikir keras agar ada akses lintas yang menyatukan 2 desa untuk menarik minat desa tetangga berbelanja di Pasar Dayeuh.

Kades yang memiliki hobi berkendara sepeda motor trail tersebut mengatakan, jika akses jalan antara Cibodas – Sukanegara terhubung maka akan mampu mendongkrak ekonomi pedagang Pasar Dayeuh. Pasalnya, jika jalan tersebut sudah bagus kata dia, besar kemungkinan warga Cibodas akan berbelanja ke Pasar Dayeuh karena jaraknya lebih dekat jika dibandingkan berbelanja di Pasar Jonggol yang harus menempuh jarak sejauh 7 kilometer.

“Kurangnya minat warga dari desa lain karena tidak ada akses jalan lintas yang bagus dan itu banyak dikeluhkan oleh pedagang Pasar Dayeuh dengan sepinya pembeli,” ucap Ahmad Yani kepada Jurnal Bogor.

BACA JUGA: Samisade Desa Sukasirna Harapkan Ekonomi Meningkat

Dia menjelaskan, untuk pekerjaan betonisasi jalan ini dipercayakan kepada PT Prayoga Pertambangan dan Energi. Pihak desa tidak punya tenaga ahli untuk betonisasi jalan dan kurang ya minat pekerja pribumi juga merupakan salah satu kendala.

“Lokasi betonisasi berada di Kp.Paledang RT 01/06 baru dilaksanakan tahap 1 dengan volume P 1800M x L 2,5M x T 0,15M dengan total anggaran tahap 1 Rp400 juta rupiah,” jelasnya.

BACA JUGA: Kurangi Kemacetan, Pemdes Sukamaju Buat Pelebaran Jalan

“Hasil betonisasi ini akan kami evaluasi terus dan saya juga intens berkomunikasi dengan Pak Darda selaku pelaksana lapangan dari PT PPE , untuk saat ini kondisinya memang banyak retak rambut , dan saya harapkan untuk tahap 2 PT PPE lebih ditingkatkan lagi untuk kualitasnya agar tidak mudah retak seperti tahap 1 kali ini,” pungkas Ahmad Yani.

**naynur’ain

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles