Desa Cigudeg Tata Infrastruktur dengan Hotmix Jalan

0
Pengerjaan aspal hotmix di kampung Pasirnangka.

JURNAL INSPIRASI – Pemerintah Desa Cigudeg, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor mencairkan Dana Desa (DD) tahun anggaran 2021 untuk pembangunan infrastruktur jalan yang meliputi di tiga Kampung.

Kepala Desa Cigudeg Andi Supriadi mengatakan, pihaknya tengah melakukan proses penataan pembangunan infrastruktur di setiap wilayah Kampung.

Pembangunan tersebut, selain menggunakan DD juga  menggunakan anggaran Bantuan Pemerintah Provinsi (Banprov) Jawa Barat.

BACA JUGA: Lama Dirindukan, Betonisasi Jalan Kampung Peundeuy tak Memuaskan Masyarakat

“Kami prioritaskan yang belum tersentuh pembangunan agar manfaatnya segera dirasakan masyarakat sekitar,” terang Andi Supriadi kepada Jurnal Bogor, Kamis (28/10).

Kades Cigudeg mencontohkan, pembangunan  dianggarkan dari DD berupa pengaspalan hotmix yang berlokasi di Kampung Ciuncal.

Termasuk pembangunan infrastruktur jalan lingkungan tepatnya di Kampung Cikasungka sepanjang 150 meter lebar 1 meter. “Melalui DD berikut pengerjaan hotmix di kampung Pasirnangka,” jelasnya.

BACA JUGA: Buku ‘Sepenggal Cerita dari Sekolah Ibu – 25 Kisah Inspiratif’ Segera Dilaunching

Sedangkan anggaran Banprov digunakan pembangunan jalan tepatnya di kawasan Komplek PTPN.

Selain untuk memperlancar mobilitas masyarakat serta mempermudah kegiatan ekonomi, mereka bisa memanfaatkan untuk lalu lintas di sekitar lingkungan.

“Maka itu, areal komplek PTPN baru tersentuh pembangunan, sebelumnya kondisi jalan itu masih seperti tanah merah,” ungkapnya.

BACA JUGA: Samisade Desa Sukasirna Harapkan Ekonomi Meningkat

Sebagai bentuk terimakasih karena akses jalan itu dibangun, sejumlah  warga  sekitar menggelar syukuran.

Kendati demikian, kata dia, Banprov juga dialokasikan pembuatan  billboard untuk penunjang sarana media multifungsi menginformasikan program seputar desa.

Selain itu kata dia, mengingat Desa Cigudeg masih banyak yang belum tersentuh pembangunan karena cakupannnya begitu luas.

Akan tetapi hingga tahun 2025  mendatang pihaknya berharap bisa menuntaskan pembangunan tersebut.

**aripekon

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here