Peternak di Soppeng Ikuti Pelatihan Tematik

0

JURNAL INSPIRASI – Pelatihan Tematik Peternakan oleh BBPP tanggal 25 s.d 27 Oktober 2021 diselenggarakan di Balai Benih Ikan Kabupaten Soppeng dengan mengangkat tema “Menyusun Ransum Pakan Unggas Ayam Petelur” yang diikuti oleh 30 peserta dari Aparatur (petugas tenis, penyuluh), 16 peserta Non Aparatur (peternak) dan pelatihan budidaya kelinci dan penyamaan kulit kelinci.

Pembukaan dihadiri oleh Bupati Soppeng, H.Andi Kaswadi Razak, SE, Kepala BBPP Dr. Wasis Sarjono S.Pt M.Si, Kepala Dinas Peternakan, Kesehatan Hewan dan Perikanan Kab. Soppeng Ir. Erman Asnawi, M.Si, dan jajarannya.

Dr. Wasis Sarjono S.Pt M.Si

Dalam sambutanya Kepala Dinas menyampaikan Kabupaten Soppeng punya potensi namun Sumberdaya Manusia kami kurang mendukung nah itulah kesenjangan kami, untuk itulah pada kesempatan ini kami mengangkat tema pelatihan tersebut, ungkapnya”.

BACA JUGA: Itjen Kementan Kunjungi Pembangunan BPP Malingping dan Pagelaran

Pada kesempatan yang sama Dr, Wasis Sarjono juga menyampaikan bahwa dalam menjalankan usaha biasanya peternak dihadapkan dengan harga pakan yang tinggi, dan sebagian besar biaya pengeluaran digunakan untuk memberi bahan baku pakan. Hal inilah yang sering menjadi persoalan kebanyakan peternak dan pada akhirnya akan mengalami kegagalan dalam beternak akibat kenaikan harga biaya pakan yang tidak sebanding dengan produksi telur pada ayam petelur.

Dengan fenomena diatas Kabupaten Soppeng beserta jajaranya segera menindak lanjuti permasalahaan tersebut dengan menyelenggarakan suatu bentuk pelatihan bagi petugas/peternak, dan ini disambut baik oleh BBPP Batu yang mempunyai tupoksi menyelenggarakan pelatihan Aparatur maupun Non aparatur.Ungkapnya”.

H.Andi Kaswadi Razak, SE Bupati Soppeng dalam arahanya menyampaikan saat ini peternakan ayam petelur menempati urutan kedua se Propinsi Sulawesi Selatan, ini tentu saja tidak serta merta di raih begitu saja berbagai upaya telah kita lakukan salah satunya mengadakan pelatihan, studi banding dan mengundang praktisi.

BACA JUGA: BBPP Batu Raih Penghargaan Corporate Card Bank Mandiri

Namun ternyata upaya tersebut tidak akan berhasil kalau hanya dilakukan sekali, kita harus mengadakan kegiatan tersebut secara terus menerus dan terhadap, setelah upaya tersebut dilakukan sekarang timbul masalah klasik yaitu harga telur rendah, namun harga pakan naik, tentunya ini menjadi persoalan yang harus segera di selesaikan, kita harus segera mengambil langkah – langkah konkret salah satunya melatih peternak untuk menyusun formasi pakan dengan berbahan baku lokal, dengan harapan peternak dapat menekan biaya produksi.

Bupati juga berharap semoga kerjasama dengan Kementerian Pertanian melalui BBPP Batu akan terus berlanjut, tidak saja pelatihan tentang unggas namun pelatihan teknis yang lain imbuhnya”.

**Catur Puryanto/BBPP Batu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here