24.7 C
Bogor
Friday, April 26, 2024

Buy now

spot_img

Transformasi Digital, UMKM Didorong Adopsi Teknologi

Bogor | Jurnal Inspirasi

Pemerintah terus berupaya agar Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) bisa bertransformasi digital dengan mengadopsi teknologi yang sekarang ini sedang berkembang. Upaya ini agar eksistensi UMKM terus terjaga dan memberi andil positif dalam pemulihan ekonomi nasional, dimana sekarang ini baru 15 persen saja UMKM yang sudah digitalisasi. Padahal di era industri 4.0 degitalisasi UMKM jadi kunci penting.

Anton Sukartono Suratto 

“UMKM sudah harus melakukan digitaliasi, pengembangan dari UMKM tradisional ke digital adalah solusi dan penting dilakukan sehingga UMKM mesti terus didorong mengadopsi teknologi,” ujar Wakil Ketua Komisi I DPR RI Anton Sukartono Suratto dalam webinar ‘Solusi Peningkatan UMKM Dalam Pemulihan Nasional di Masa Pandemi Covid-19’ yang digelar Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan DPR RI di Bogor Valley, Sabtu (16/10).

Anton meyakini UMKM bisa jadi penopang pemulihan ekonomi nasional dimasa pandemi sekarang ini sehingga masa pandemi ini juga jadi momentum pengembangan UMKM. “Teknologi memiliki peran penting dan pelaku UMKM pun sekarang ini banyak kaum muda,” jelas wakil rakyat dari Fraksi Partai Demokrat ini.

I Nyoman Adhiarna

Direktur Ekonomi Digital Kominfo I Nyoman Adhiarna sependapat bahwa Kominfo telah melakukan sejumlah program dan pada tahun 2022 UMKM harus sudah mengadopsi teknologi. “Tahun depan adopsi, sebenarnya tahun 2017, UMKM sudah go online dan 2020 sampai sekarang sudah active selling. Tinggal pembenahan di jumlah kendala.

“Ada tiga poin penting yaitu ekonomi, pemerintah dan masyarakat itu sendiri yang semuanya mesti bertransformasi ke digital,” jelasnya.

Dia tidak memungkiri sekarang ini sejumlah masalah seperti infrastruktur, kualitas produk, konektivitas, akses perbankan dan culture, menghambat laju UMKM. Meski demikian dia optimistis sekarang ini banyak UMKM telah berjualan dengan platform digital. “Data BPJS sudah ada 63 juta, hanya memang masih belum punya akun di marketplace. Jadi sudah 37 persen sudah jualan di sosmed,” kata I Nyoman Adhiarna.

Moderator Ratna Utami Ningsih dan Irwan Kurnia

Menurut Founder Kopi Ranger Irwan Kurnia yang juga sharing dalam webinar ‘Solusi Peningkatan UMKM Dalam Pemulihan Nasional di Masa Pandemi Covid-19’, UMKM memiliki prospek bagus, dimana dia yang konsen pada segmen kopi dan sudah diterima pasar atau konsumen. “Inovasi bisnis bisa dilakukan di platform medsos dan memang mesti ada bantuan teknologi jika mau berkembang. Tentu produsen juga mesti menjaga kualitas produk,” jelas Irwan.

Bisnisnya tampil beda dengan kopi seduh dingin atau coldbrew. Meski diakuinya, pandemi Covid-19 telah berdampak ke coffeeshop, namun sejumlah inovasi terus dilakukan salah satunya menyajikan cita rasa kopi tiap daerah yang memiliki karakteristik rasa unik,” jelasnya.

**ass

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles