28.8 C
Bogor
Saturday, April 20, 2024

Buy now

spot_img

Hampir Satu Bulan, Pembangunan Bendungan Kali Cibongas Mangkrak

Nanggung l Jurnal Inspirasi

Perencanaan pembangunan bendungan Kali Cibongas, di Kamping Babakan liud, Desa Kalongliud, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor mangkrak. Ketua Perkumpulan Petani Pengguna Air (P3A) Mitra Cai Cibongas Asoni mengeluhkan rencana pembangunan bendungan hingga saat ini belum dilaksanakan pembangunan.

“Padahal beberepa pekan lalu, kontraknya sudah masuk dalam tahap pengerjaan. Namun pembangunan  bendungan   tersebut hingga kini belum  adanya tanda – tanda akan dimulai. Ditambah belum terpasangnya papan kegiatan bangunan bendungan itu,” keluh ketua P3A Mitra Cai Cibongas kepada Jurnal Bogor, Minggu (17/10).

Informasi dadapat, kata Asoni, perencanaan bangunan bendungan itu hanya pengerjaan sodetan saja. Padahal pembangunan bendungan itu diutamakan pada bagian yang jebol sepanjang 30 meter. “Kalau dilihat digambar termasuk pada pengerjaa sayap Tembok Penahan Tebing (TPT)  sepanjang 60 meter,” terang Asoni.

Pertanyaannya kata dia, kalau memang hanya dibangun sodetan saja, kenapa perencanaannya tidak dari awal. Menurut Asoni, perencanaan awal utamanya untuk perbaikan bendungan yang sudah lama jebol, bukan prioritas hanya untuk dibangun sodetan saja.

Diketahui, pembangunan bendungan kali Cibongas yang akan dikerjakan oleh CV Haskar Persada itu sebesar anggaran Rp 1.035.450.250,00.

Sebelumnya diberitakan, UPT  Insfrastruktur Irigasi melalui Kepala Sub Bagian Yudi Pratama pada Pengecekan Lapangan Bersama (PLB) yang dihadiri pihak Dinas PUPR, konsultan pengawas serta pihak pelaksana pembangunan pada (20/9) lalu disebutkan, setelah PLB tinggal menunggu beberapa hari untuk pengerjaan bendungan.

**aripekon

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles