Penyederhanaan Birokrasi, Pembangunan Gedung UPT DLH di TPAS Galuga Tertunda

0

Cibungbulang I Jurnal Inspirasi

Reformasi yang dilakukan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) mendorong seluruh pimpinan instansi pemerintah untuk melaksanakan langkah-langkah strategis dan konkrit.

Hal ini tertuang dalam Surat Edaran Menpan RB Nomor 384, 390 dan 391 tahun 2019 yang ditujukan kepada menteri kabinet Indonesia maju, gubernur serta para walikota dan bupati tentang langkah strategis dan konkrit penyederhanaan birokrasi.

Kepala bidang (Kabid) Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup Fadli Masnen menjelaskan, rencana penyederhanaan birokrasi ini patut mendapatkan dukungan karena bertujuan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi guna mendukung kinerja pelayanan pemerintah kepada publik.

Hal ini juga bisa mempercepat pengambilan keputusan oleh para pengambil kebijakan. Artinya, jalan yang harus ditempuh menjadi lebih ringkas sehingga keputusan diambil lebih lugas dan cepat.

“Seperti tertundanya bangunan gedung UPT DLH lantaran terdampak pada penyederhanaan birokrasi,” kata Fadli Masnen kepada Jurnal Bogor, Selasa (12/10).

Pembangunan gedung UPT ditunda oleh pihak Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar).

“Awalnya dari Provinsi untuk Kantor UPT, tapi secara legalnya belum bisa karena ada peraturan terbaru.

Tapi konsepnya tetap, jadi gedung ini secara konsep untuk UPT tapi secara legalnya belum karena dari Provinsi Jabar yang memutuskan ditunda,” terangnya.

Fadli menambahkan, kalau gedung UPT sudah rampung maka akan dipergunakan oleh 2 instansi, yakni Pemerintah Kabupaten dan Kota.

“Nantinya gedung ini juga untuk bersama Kota Bogor karena ini kan dalam satu wilayah,” kata dia.

Gedung tertunda lantaran ada peraturan baru dari Menteri Dalam Negeri bersama Pan-RB.

“Yang menjadi ditundanya itu adalah legal standing kalau fungsinya tetap ada, kenapa ditunda karena ada Permendagri tentang pemangkasan birokrasi,” paparnya.

Fadli berharap, pembangunan cepat selesa. “Kami berharap gedung ini cepat selesai dari segi pembangunannya agar kami bisa lebih fokus dalam hal kegiatan apapun,” tukasnya.

**aripekon

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here