Satwagia Kolaborasi dengan IPB Launching ‘Telemedicine’

0

Bogor | Jurnal Inspirasi

Interaksi manusia dengan hewan peliharaannya saat ini semakin meningkat, hal tersebut disebabkan para pemilik hewan banyak yang bekerja dan berkegiatan dari rumah akibat efek pandemi Covid-19 yang menganjurkan manusia untuk tetap dirumah jika tidak ada kegiatan mendesak yang mengharuskan keluar rumah.

Di waktu senggang setelah menjalankan kegiatan di rumah, para pemilik hewan peliharaan mengusir kejenuhan dengan cara bermain dengan hewan peliharaannya. Jumlah Hewan Peliharaan yang di Adopsi pun saat ini semakin meningkat dan kebanyakan dari pengadopsi hewan peliharaan sangat memperhatikan kesehatan dan kebersihan hewannya.

Hal tersebut juga berdampak kepada meningkatnya permintaan jasa dan layanan klinik dokter hewan yang secara langsung menangani keluhan – keluhan yang dialami oleh hewan peliharaan seperti kucing, anjing, burung ataupun ikan.  Salah satu jasa layanan klinik hewan yang bisa ditemui di berbagai kota adalah Satwagia.

Satwagia merupakan jaringan klinik hewan terintegrasi yang dapat memenuhi semua kebutuhan yang dirasakan oleh para pemilik hewan kesayangan, diantaranya Jasa layanan dokter hewan, petshop, vaksinasi, grooming, sterilisasi, penitipan hewan, laboratorium, operasi, antar jemput hingga konsultasi online.

Hal terakhir yang disebutkan sangat menarik para pemilik hewan saat ini yaitu konsultasi online. Melalui Aplikasi yang dapat diunduh di Play Store maupun Apps Store, para pemilik hewan kesayangan dapat menemukan seluruh layanan yang dibutuhkan. Di dalam aplikasi satwagia, para pemilik hewan bisa terhubung langsung dengan dokter hewan untuk sekedar berkonsultasi dan mencari solusi atas permasalahan yang dihadapi oleh hewan kesayangannya.

Dokter hewan merupakan mitra strategis yang dimiliki satwagia, namun pada beberapa kasus keluhan yang dijumpai, dokter hewan yang ada di jaringan klinik Satwagia membutuhkan bantuan dari dokter hewan expert yang mayoritas merupakan kalangan akademisi. Satwagia telah membangun kolaborasi dengan dokter hewan yang ada di Fakultas Kedokteran Hewan IPB University (FKH IPB) untuk mengembangkan fitur pada aplikasi satwagia yang dapat menjembatani antara dokter hewan klinik dan dokter hewan expert yang dapat berkonsultasi secara online melalui fitur realtime chat & video call.

Aplikasi Satwagia yang dikembangkan oleh PT. Teknologi Digital Veteriner ini sangat mudah digunakan atau yang biasa kita kenal dengan sebutan user friendly. Langkah – Langkah untuk berkonsultasi secara online pun sangat mudah, ditambah dengan hadirnya fitur pembayaran dompet digital petpay membuat para pengguna aplikasi dapat mencari solusi atas permasalahan yang dialami hewan kesayangannya hanya dalam satu genggaman.

Dodi Irwan Suparno selaku CEO PT. Satwa Bahagia Indonesia yang merupakan badan usaha yang memayungi jaringan klinik hewan Satwagia dalam kesempatan di sela acara launching “Telemedicine” Sabtu, 9 Oktober 2021 menyebut keseluruhan sistem yang terintegrasi tersebut dengan nama “Super App Satwagia” yang akan menjadi solusi bagi semua stakeholder yang terlibat dalam dunia Kesehatan hewan baik dari kalangan pemilik hewan peliharaan, dokter hewan praktisi maupun dokter hewan akademisi.

Acara yang dilaksanakan di Lapangan Berkuda, URR FKH IPB University ini turut dihadiri oleh Dekan Fakultas Kedokteran Hewan Prof. Dr. Deni Noviana, Ph.D dan Rektor IPB University Prof. Dr. Arif Satria, S.P., M.Si.

**as.pangrangp/rls

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here