Halomoan Pecahkan Rekor 400 Meter Lompat Gawang Putra PON Papua

0
Atlet atletik spesialis lompat gawang Kabupaten Bogor, Halomoan Edwin Binsar Simanjuntak

Minika | Jurnal Inspirasi

Atlet atletik spesialis lompat gawang Kabupaten Bogor, Halomoan Edwin Binsar Simanjuntak, sukses mempersembahkan medali emas untuk Kontingen Jawa Barat dari cabang olahraga atletik nomor 400 meter lompat gawang putra, pada putaran final, yang berlangsung di Lintasan Atletik GOR Mimika Sport Complex, Mimika Papua, Minggu (10/10/2021).

Selain mempersembahkan satu medali emas, atlet spesialis lompat gawang jebolan Pusat Pendidikan Olahraga Pelajar dan Mahasiswa (PPOPM) Kabupaten Bogor ini, juga membuat rekor baru pada PON 2021 dengan catatan waktu 51,33 detik, yang sebelumnya dipegang oleh Andrian dengan catatan waktu 51,88 detik pada PON Jawa Barat 2016 lalu.

Sementara diurutan kedua ditempati atlet asal Sumatera Utara M Khairuddin Syahputra, yang berhasil finis dicatan waktu 51,75 detik, sedangkan peraih medali perunggu diraih atlet asal Nusa Tenggara Barat atas nama Andrian dengan catatan waktu 51,77 detik, yang sekaligus pemegang rekor PON 2016 nomor 400 meter gawang putra dengan catatan waktu 51,83 detik.

Sementara itu, Ketua Umum Pengcab Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Kabupaten Bogor, Algusri bangga denga raihan medali emas yang disumbangkan Halomoan di ajang PON 2021.

“Saya bangga Halmoan, Tyas dan Hendro Yap mampu meraih medali emas untuk Jawa Barat,” kata Algusri.

Untuk diketahi, kendati atlet berdarah Batak ini mampu menjadi yang terbaik di ajang PON 2021, namun Halomoan belum mampu memecahkan rekor atas namanya sendiri, yang diraihnya pada pada SEA Games 2019 Filipina, dengan catatan waktu 50,81 detik.

**as.pangrango