28.8 C
Bogor
Saturday, April 20, 2024

Buy now

spot_img

Gelar Latihan Perdana, PSHT Rambah Sadengkolot

Leuwisadeng l Jurnal Inspirasi

Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Rayon Desa Sadengkolot, Ranting Bogor Barat, Kecamatan Leuwisadeng, Kabupaten Bogor menggelar latihan pencak silat perdana di halaman sekolah Yayasan Al- Kautsar Kampung Pagelaran, Sabtu (9/10) malam.

Ketua Ranting PSHT Bogor Barat Muhammad Zaini Sukrillah mengatakan, keberadaan PSHT di Kabupaten Bogor khususnya di Bogor Barat sangat diterima dengan baik oleh masyarakat. “Pancak silat ini adalah warisan budaya Indonesia, maka itu di setiap sekolah-sekolah telah menjadi kegiatan wajib yang harus adakan,” jelas Zaini.

Dia menyebutkan, pengembangan  PSHT tidak terbatas dan sangat luas. Bahkan di Kabupaten Bogor misalnya, di setiap Kecamatan sudah adanya tempat latihan masing – masing dintaranya di Kecamatan Dramaga, Ciampea serta Kecamatan Nanggung.

“Tidak menutup kemungkinan untuk usia  dewasa  kedepan yang menjadi peserta, PSHT fokuskan untuk usia Dini, SD, SMP dan SMA. Tujuannya untuk penjaringan bibit muda di bidang olahraga pencak silat,” ujarnya.

Respons dari pihak Pemerintah Kabupaten Bogor kata dia cukup baik dan dibuktikan pada setiap  event- yang diselenggarakan setiap tahunnya, banyak meraih juara. Tak hanya itu, pada November mendatang,  bakal berlangsung  event dari Badan Pembina Olahraga Pelajar Seluruh Indonesia  (BAPOPSI) di tingkat Kabupaten Bogor.

Sementara itu Sekretaris Desa Sadengkolot, Sudiman mengaku sangat mendukung pengembangan budaya seni  beladiri pencaksilat. Pasalnya, pencak silat salah satu warisan dari para pendahulu. Oleh sebab itu, pengembangan merupakan keharusan agar pencaksilat terus lestari.

Dikatakannya, meski latihan PSHT di Sadengkolot perdana diselenggarakan, akan tetapi kedepan secara bertahap  akan lebih ditingkatkan lagi. “Kami harap  ada pendamping pelatih pencak silat  dari pusat maupun Kabupaten Bogor untuk terus mendukung perkembangan program PSHT ini,” tandasnya.

Ditempat yang sama, penanggung jawab kegiatan  pencaksilat PSHT Korcam Sadengkolot, Suhartono menyatakan, PSHT berupaya mendidik siswa dan menjadi penunjang pendidikan dalam mendewasakan diri sebagai warga negara. “PSHT mendidik anggota agar menjadi manusia yang mandiri dan berbudaya. Selain itu sehat jasmani rohani,” pungkasnya.

**aripekon

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles