Dikelola Bumdes, Erick Thohir Resmikan Setu Lebak Wangi

0

Parung | Jurnal Inspirasi

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, bersama Bupati Bogor Ade Yasin mengunjungi Desa Pemagasari, Kecamatan Parung, Kabupaten Bogor meresmikan desa wisata yaitu Setu Lebak Wangi yang dikelola sebagai potensi wisata lokal, Kamis (7/10/2021).

Erick Thohir menyatakan mendukung penuh hadirnya wisata baru yang dikelola langsung oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). “Alhamdulillah, ini suatu hal yang sangat bagus, dimana wisata ini bisa dikelola langsung oleh Pemerintah Desa dan tentunya bermanfaat untuk warga juga,” ujarnya dalam pidato sambutan.

Tidak hanya memberikan sambutan, Erik didampingi Ade Yasin juga menaiki perahu yang terdapat di area setu dan berkeliling melihat fasilitas yang tersedia.

Menurut Bupati Bogor Ade Yasin, di Kabupaten Bogor ada 98 setu dan yang sudah dikelola itu ada di wilayah Timur seperti Setu Gede, dan Cibinong dan Setu Lebakwangi ini.

“Jadi ada juga yang belum dimanfaatkan sebetulnya ketika kita manfaatkan justeru kita akan beri pemahaman dulu bahwa sebenernya dikelola masyarakat itu bukan untuk dirusak, namun itu tadi perlu ada regulasi yang jelas soal pemanfaatan setu dari Pemrov Jabar,” katanya.

Bupati juga mengatakan, Pemkab Bogor dengan Program Samisade atau satu miliar satu desa siap membantu dalam peningkatan infratrukturnya. “Kabupaten Bogor juga dengan program Samisade ini diharapkan bisa mendorong peningkatan infratruktur untuk desa wisata yang ada di Kabupaten Bogor ini,” katanya.

Sebelumnya, pada 7 September 2021, Setu Lebak Wangi telah diproyeksikan menjadi desa wisata. Pemerintah pusat dan daerah pun turut memberikan perhatian dalam upaya pengembangan wilayah tersebut.

Hal tersebut ditandai dengan kunjungan Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Wamendes PDTT) Budi Arie Setiadi, Anggota Komisi VIII DPR Adian Napitulu, dan Bupati Bogor Ade Yasin. Hadir pula mewakili Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Direksi Mind Id Dani, dan Komisaris Semen I Indonesia Sonny Subrata.

**cepikurniawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here