SMPN 02 Leuwisadeng Ikuti Lomba Adiwiyata Tingkat Jabar

0

Leuwisadeng l Jurnal Inspirasi

SMPN 02 Leuwisadeng menjadi salah satu dari 9 sekolah di Kabupaten Bogor yang mengikuti lomba Adiwiyata tingkat Provinsi Jawa Barat. Tim verifikasi pun melakukan peninjauan ke sekolah tersebut, Senin (4/10).

Kepala SMPN 02 Leuwisadeng, Ermaini mengatakan, berbagai komponen standar sekolah Adiwiyata telah dibentuk di sekolahnya. “Ada delapan komponen berbasis lingkungan yang telah terbentuk di sekolah kami,” ujarnya kepada Jurnal Bogor, Selasa 95/10).

Berbagai program kerja Adiwiyata seperti Taman Baca, Taman PMR dan Taman Toga telah ada di sekolah yang berlokasi di Jalan Raya Babakan Sadeng – Hambaro, Leuwisadeng itu. Tempat sampah terpilah pun tersedia dimana dikelola oleh Komunitas Siswa Peduli Lingkungan (Kosipeling).

Bahkan, materi pembelajaran pun telah terintegrasi dengan pengetahuan atau wawasan mengenai lingkungan hidup. Ermaini menyebutkan, Adiwiyata ini jangan hanya diartikan sebagai suatu perlombaan. “Tapi kebiasaan yang dilakukan secara terus menerus. Kalaupun dapat sertifikat, itu adalah bonus,” cetusnya.

Bukan hanya berlaku untuk murid, namun guru-guru di sekolahnya pun mendapat pengetahuan khusus bagaimana menyusun administrasi pembelajaran berbasis lingkungan. Dengan mendatangkan narasumber dari Dinas Lingkungan Hidup dan Ketua Himpunan Adiwiyata, pihaknya mendorong visi misi sekolah agar terintegrasi dengan lingkungan.

“Saya berharap, Adiwiyata ini bukan hanya simbolis, tapi kalaupun dapat sertifikat dari gubernur, ini adalah motivasi untuk kita tingkatkan ke depan,” tandasnya.

**aripekon

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here