29.7 C
Bogor
Thursday, April 25, 2024

Buy now

spot_img

Puluhan Siswa MTs Sabilil Muttaqin Ikuti ANBK

Nanggung l Jurnal Inspirasi

Sebanyak 35 siswa/siswi sekolah Madrasah Tsanawiyah (MTs) Sabilil Muttaqin Desa Batutulis, Nanggung, Kabupaten Bogor, mengawali pelaksanakan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK), Senin (4/10). Salah satu tenaga pengajar di MTs Sabilil Muttaqin Evan Subhi mengatakan, ANBK dilaksanakan di sekolahnya selama 7 hari kedepan.

“Siswa kelas 8 yang ikut ANBK. Selama  belajar daring, hari pertama  ANBK di sekolah Sabilil Muttaqin  berjalan lancar,” ujar Evan melalui sambungan teleponnya, Senin (4/10).

“Untuk ujian ini menggunakan computer dan pelaksanaan ANBK di sekolah ini dengan tetap menerapkan protokol kesehatan,” jelasnya.

Menurut Evan, ANBK merupakan program yang baru diterapkan sehingga siswanya masih adaptasi. “Perlu pemahaman yang ekstra, karenanya cukup lama para siswa melakukan pembelajaran secara daring. Memang ANBK merupakan hal baru. Tapi kami berusaha untuk lakukan yang terbaik,” ujarnya.

Seperti diketahui Badan Nasional Standarisasi Pendidikan (BNSP) sebuah badan turunan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) telah mengganti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) menjadi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK).

Secara umum, ANBK adalah penilaian yang dilakukan di setiap jenjang sekolah, mulai dari SD, SMP, SMA/SMK dan sederajat. Berbeda dengan UNBK yang dilaksanakan pada akhir tahun sekolah, ANBK dikerjakan di kelas 5 SD, 8 SMP, dan 11 SMA.

Program ANBK tidak akan mengevaluasi capaian murid secara individu, tetapi mengevaluasi dan memetakan sistem pendidikan berupa input, proses, dan hasil.

**aripekon

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles