Diduga tak Sesuai RAB, Bangunan SDN Dukuh 05 Cibungbulang Disoal

0

Cibungbulang l Jurnal Inspirasi

Pekerjaan Rehab Ruang Kelas SDN Dukuh 05, Desa Dukuh, Cibungbulang, Kabupaten Bogor, diduga tak sesuai RAB yang dibuat oleh konsultan perencana. Pasalnya, atap baja ringan yang seharusnya diganti oleh kontraktor yang tertera di RAB, malah tidak diganti dan langsung dipasang genteng pada bilah baja ringan.

Pelaksana dari CV. Andini yang berkantor di Jl Melati Blok G 13 Laladon Permai-Bogor, yang tak menyebutkan namanya mengatakan, memang tidak diganti sesuai keadaan yang lama. “Iya tidak diganti, karena keadaannya yang lama,” kata dia, Senin (4/10)

Saat ditanyakan tidak sesuai dengan RAB, dia menjelaskan memang hanya mengganti reng baja ringannya saja dan tidak mengganti yang lain. “Kan itu yang lama (baja ringan-red) jadi dipake yang lama yang diganti cuma rengnya aja,” pungkasnya.

Namun dari pendapat konsultan bahwa pekerjaan di SDN Dukuh 05 yang dilaksanakan oleh kontraktor itu bisa mengarah ke penggelapan anggaran dan diduga menipu pelaporan.

Terpisah salah seorang konsultan perencana yang biasa membuat gambar dan RAB menjelaskan, kalau dipasang berarti memenuhi kewajiban di RAB. “Kalau dilihat volume di RAB kemungkinan di lapangan kuda-kuda yang lama udah baja ringan, tapi ada penggantian kuda-kuda bajaringan yang baru juga, soalnya volume kuda-kuda baru + reng baru = volume genteng,” jelasnya.

Persoalan itu menjadikannya temuan di lapangan, namun tergantung kuda-kuda bajaringan yang volumenya 101 dipasang atau tidak. “Kalau dipasang berarti sesuai dengan RAB kalau gak dipasang, berarti ada tambah kurang,” tutupnya.

**aripekon

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here