31.4 C
Bogor
Friday, March 29, 2024

Buy now

spot_img

Polisi Tangkap Oknum Wartawan yang Melakukan Pemerasan

Bupati Apresiasi Kepolisian Menindak Tanpa Pandang Bulu

Cileungsi | Jurnal Inspirasi

Polres Bogor melakukan konferensi pers atas penangkapan dua oknum wartawan yang melakukan pemerasan dan tertangkap tangan beberapa hari lalu di Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor. Konpres tersebut dilakukan di Polsek Cileungsi dan turut dihadiri langsung oleh Bupati Bogor Ade Yasin, Sabtu (2/10).

Pemerasan terungkap atas dasar laporan polisi pada tanggal 23 September 2021 di Polsek Cileungsi. Korban merasa diperas oleh beberapa oknum yang mengaku wartawan. Berdasarkan laporan polisi tersebut kemudian Polsek Cileungsi bersama Polres Bogor melakukan penyelidikan hingga dapat menangkap dua orang pelaku berinisial JR dan JN dari 5 pelaku yang 3 lagi masih buron.

“Modus yang dilakukan mereka adalah mengaku wartawan dan mengintip orang yang keluar dari hotel kemudian ditakut-takuti dan ditekan serta dimintai sejumlah uang,” jelas Kapolres Bogor AKBP Harun yang didampingi langsung oleh Bupati Bogor.

Dijelaskan, para pelaku sudah melakukan hal tersebut di 37 TKP dengan modus yang sama sasaran korban merupakan Pegawai Negeri Sipil (PNS), Pegawai BUMN dan pegawai pemerintah lainnya yang dari hasil penyelidikan kelima pelaku sudah menyisir 6 kota yaitu Depok, Bogor, Kota Bogor, Karawang , Bekasi dan tertangkap di Kabupaten Bogor.

Menurut pengakuan tersangka, baru 2 bulan melakukan aksi tersebut, namun dari hasil pengembangan ternyata tersangka sudah melakukan aksinya selama 2 tahun.

“3 tersangka lain yang masih DPO yaitu berinisial FS, FBS dan FS  yang kelimanya merupakan warga Bekasi, jika ditotal hasil dari yang mereka dapatkan dari melakukan aksinya sudah mencapai 500 juta” ungkap AKBP Harun.

Masih kata dia, para tersangka yang mengantongi ID Card atas nama media Radar Metro , Indonesia Morality Wact, dan Liputan Hukum. Atas kejadian tersebut mereka dikenakan pasal 368 KUHP pasal pemerasan dengan ancaman 9 tahun penjara.

“Bagi ASN, Lurah , Camat, Kadis, bila diancam oleh wartawan segera melapor kepada Polsek terdekat,” jelasnya.

Ditempat yang sama Bupati Bogor Ade Yasin memberikan apresiasi kepada Kapolres Bogor dan Kapolsek Cileungsi serta jajarannya dalam memberatas kriminal di wilayah Bogor. Menurutnya oknum wartawan seperti ini yang merusak citra wartawan yang sesungguhnya yang memiliki integritas yang tinggi.

“Yang begini-begini yang harus diberantas, dan saya sangat apresiasi dengan apa yang dilakukan oleh pihak kepolisian menindak tanpa pandang bulu serta saya menghimbau kepada seluruh instansi pemerintah di Kabupaten Bogor jika mengalami hal-hal seperti ini segera laporkan,” pungkasnya mengakhiri.

**naynur’ain

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles