Berikan Edukasi, Karang Taruna Kabupaten Bogor Saba Desa

0

Cigudeg l Jurnal Inspirasi

Karang Taruna Kabupaten Bogor menggelar Saba Desa. Kali ini organisasi kepemudaan itu menyambangi wilayah Desa Sukamaju, Kecamatan Cigudeg. Kegiatan tersebut guna memberikan pembinaan dan edukasi kepada karang taruna di setiap desa. 

“Pembinaan karang taruna desa ini kewajiban Karang Taruna Kabupaten Bogor,” ujar ketua Karang Taruna Kabupaten Bogor Irfan Darajat disela Saba Desa yang berlangsung di Villa Panganten, Desa Sukamaju, Kamis (30/9).

Menurutnya, selain memotivasi pemuda, tak lain agar Karang Taruna Kabupaten Bogor khususnya  yang ada di desa, bisa melaksanakan tugas pokok dan fungsinya secara proporsional. “Ini bagian  proses pembinaan bagi  temen-temen karang taruna di tingkat desa.  Diharapkan berjalan dengan baik dan  produktif,” ujarnya.

Irfan menaambahkan, bahwa program Saba Desa tersebut sasarannya adalah semua yang terlibat agar bisa menggerakkan roda organisasi karang taruna hingga bisa bermanfaat untuk masyarakat. Dalam agenda kegiatan, Karang Taruna Kabupaten Bogor mengedepan persuasif dengan menyamakan persepsi satu sama lainnya.

“Satu jiwa, satu rasa satu karsa dan satu gerak langkah agar karang taruna bisa lebih bermanfaat bagi masyarakat secara luas,” ungkapnya.

Ia menilai keberadaan karang taruna di Kecamatan Cigudeg  hampir di setiap  desa sudah terbentuk. “Kami lihat, bahwa sejumlah penggerak ada di setiap desa adalah orang orang hebat yang bisa menggerakkan roda organisasi karang taruna. Ditambah  pandemi yang masih mewabah karang taruna selalu hadir di tengah-tengah masyarakat berupaya membantu pemerintah,” ujarnya.

Sementara, Ketua Panitia Penyelenggara Rizqi Muhammad  menyatakan, Saba Desa merupakan gerbang awal sebagai pembuka terealisasinya  program yang bermanfaat untuk pengurus, terutama bagi masyarakat. Sedangkan untuk memberikan kontribusi dan respon baik, Ketua Karang Taruna Kabupaten Bogor dipertemukan dengan karang taruna yang ada di wilayah Cigudeg.

“Dengan menjalin komunikasi dan membangun solidaritas dalam satu jiwa satu rasa. Kita buat dalam tindakan dan program kerja yang memang mempunyai inovasi dan terasa oleh masyarakat. Kami harap dari 15 desa yang ada di Kecamatan Cigudeg dapat merespon program inovasi. Untuk itu perlu terjalin komunikasi yang terarah dan maksimal, setelah itu,  Karang Taruna Kabupaten Bogor bias menyentuh setiap desa melalui program Saba Desa,” pungkasnya.

**aripekon

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here