24.6 C
Bogor
Thursday, April 25, 2024

Buy now

spot_img

Belajar Standar Internasional Melayani, Pegawai PPMKP Bertolak Ke Bali


Bogor | Jurnal Inspirasi

Sumberdaya manusia merupakan salah satu elemen penting dalam kinerja sebuah lembaga, karenanya, memastikan sumberdaya yang profesional dan berorientasi pada profesionalisme dan produktifitas kinerja sangatlah penting.

Menyadari hal tersebut Pusat Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan Pertanian (PPMKP) Ciawi-Bogor , memboyong pegawainya ke Bali untuk mengikuti Pemantapan dan Pengembangan Profesionalisme di bidang pelayanan publik. Pemberangkatan terbagi atas dua gelombang, mulai 28 September s.d 2 Oktober 2021 gelombang I dan gelombang II, 5 – 9 Oktober 2021.

Kepala PPMKP Yusral Tahir menuturkan, pemantapan dan pengembangan profesionalisme ini merupakan penghargaan dan apresiasi atas loyalitas seluruh pegawai. Di Bali kata Yusral, pegawai akan belajar standardisasi melayani tamu internasional dengan mengikuti materi dan pembelajaran dari narasumber yang terdiri dari praktisi dan profesional di bidangnya.

Materi yang disampaikan terkait manajemen pelayanan publik, pelayanan prima, inovasi pelatihan dan Sistem Manajemen Anti Penyuapan. Tak hanya didalam kelas, mereka diharapkan belajar dari melihat dan berinteraksi disetiap titik lokasi yang disinggahi selama perjalanan dan menerapkannya dalam menjalankan tugas di PPMKP. Merekapun diajak rekreasi ke berbagai lokasi wisata di Pulau Dewata tersebut.

“Beberapa kali kegiatan kami lakukan dan tahun ini ke Bali. Kenapa? karena kami ingin para pegawai belajar standardisasi melayani tamu internasional , lebih banyak mengenal objek wisata di Bali dan untuk lebih mencintai keindahan alam dan budaya Indonesia, “ ucap Yusral.

Ia menambahkan para pegawai sudah memberikan kontribusi yang sangat baik bagi kinerja lembaga, Yusral Tahir berharap para pegawai menikmati kegiatan ini dan termotivasi untuk lebih produktif dan semangat dalam bekerja dengan pelayanan yang lebih baik lagi serta meningkatkan rasa kebersamaan sebagai sesama anggota tim PPMKP.

“Jangan lupa disana selalu menjaga kekompakan tim, rasa peduli kepada teman. Jika ada teman yang belum masuk rombongan ditunggu jangan ditinggal. Dan yang tak kalah penting tetap jaga prokes, agar berangkat sehat pulang lebih sehat, “ pesan Yusral saat melepas tim gelombang I, di PPMKP, Selasa (28/09/2021).

Seperti diketahui Kementerian Pertanian terus bergerak untuk meningkatkan kapasitas SDM pertanian. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menegaskan bahwa saat ini Indonesia memasuki era 4.0, menuju kearah maju, mandiri dan modern.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi pun ambil suara dalam hal ini. Dedi mengatakan, kunci keberhasilan sebuah negara diawali dengan pembangunan SDM.

“KKuncinya adalah pembangunan SDM-nya. Baik pendidikannya, pelatihannya. SDM adalah pengungkit produktivitas di sektor pertanian, “ ucapnya.

**Regi/PPMKP

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles