Rawan Kecelakaan, Warga Pongkor Swadaya Tambal Jalan

0

Nanggung I Jurnal Inspirasi

Warga Kampung Pongkor, Desa Cisarua, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor, memperbaiki jalan yang keadaannya berlubang dan rusak parah. Perbaikan jalan itu dilakukan di sepanjang jalan raya Pongkor menggunakan adukan semen dicampur pasir  dengan dana swadaya yang dihimpun dari warga melalui tokoh masyarakat dan tokoh pemuda,

“Untuk mengantisipasi kejadian kecelakaan bagi para pemotor akibat terpeleset atau terjatuh. Jalan bertambah rusak parah, maka masyarakat berkenan kerja bhakti,” ujar ketua pemuda Kampung Pongkor Fahirudin kepada wartawan, Rabu (29/9).

“Daripada nantinya tambah parah, sengaja kami melaksanakan kerja bhakti dengan cara menambal jalan,” ungkapnya lagi.

Fahirudin menambahkan, jalan yang ditambal panjangnya sekitar 2 kilometer menggunakan dana dari masyarakat dan dikerjakan oleh pemuda di tiga RW. Atas inisiatif ini, dia berharap ada perhatian dari Pemerintah Kabupaten Bogor.

“Dana dari swadaya masyarakat se-Kampung Pongkor khususnya RW 09. Kegiatan menambal jalan itu melibatkan semua pemuda di RW  07, 08 dan RW 09. Progresnya, kami berharap Pemerintah mau menambal jalan yang rusak parah ini,” tandasnya.

Ditempat yang sama Ketua RW 09 Kampung Pongkor, Desa Cisarua Jefri menuturkan, upayanya itu untuk mencegah kejadian kecelakaan di sepanjang jalan raya Pongkor, sehingga tidak ada salahnya masyarakat berjibaku dengan kegiatan gotong-royong.

“Kami mengerjakan karena kondisi jalan kerusakannya  sudah cukup parah, lanjut dia,  semata-mata karena takut ada yang celaka dari warga yang melintas. Semoga saja setelah ada kegiatan pemerintah tidak diam dengan jalan rusak,” jelasnya.

Senada dengan ketua RW, salah seorang tokoh masyarakat Kampung Pongkor Ustadz Syahidin menilai kerja bakti yang dilakukan bersama-sama itu bisa menjaga ukhuwah Islamiyah dan sangat dibutuhkan kerelaan warga untuk mau berbuat baik dengan niat membantu sesama.

“Kami minta semua warga disekitar jalan Pongkor ini untuk mau melakukan kebaikan, tidak usah menunggu komando dari manapun karena kepentingannya jelas untuk kebersamaan,” tukasnya.

**aripekon

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here