Kandidat KNPI Cigudeg: Kaum Muda Harus Berperan Aktif dan Inovatif

0
Rizki Muhamad

Cigudeg l Jurnal Inspirasi

Rizki Muhamad memiliki pandangan perspektif perihal pemuda. Calon Ketua KNPI Kecamatan Cigudeg ini mengajak kaum muda membuat terobosan yang inovatif dan kreatif sesuai dengan trah kaum muda yang menggelora seperti para pendahulu yang menggelorakan semangat kemerdekaan yang kemudian diperingati setiap 28 Oktober sebagai Hari Sumpah Pemuda.

“Kali ini di tahun 2021 dimasa era kemerdekaan kita semua sedang diuji oleh Covid-19. Khususnya kita kaum muda perlu mengambil peran untuk sama-sama lepas dari masa sulit sebagai pelaku utama serta berperan aktif memberi solusi yang membawa kepada arah yang lebih baik,” ujar Rizki, Rabu (29/9).

Menurutnya, solusi utama permasalahan saat ini salah satunya membangkitkan semangat persatuan dan kesatuan dengan mengutamakan semangat gotong royong. Meski ditengah modernisasi,  bergotong royong  di masyarakat mesti menjadi budaya bangsa. “Perlu dilestarikan, tentu  untuk memperkuat intregrasi dan jiwa sosial di masyarakat,” jelasnya.

Sedangkan semangat persatuan yang dimaksud adalah semangat melepaskan ego sentris golongan, warna maupun latar belakang. Upaya ini perlu dilakukan agar  terlepas dari masa sulit yang juga menjadi tanggung jawab para pemuda sebagai agent of change atau agen perubahan.

Sementara momentum Sumpah Pemuda pada masa lalu adalah sebagai tonggak awal merintis NKRI dengan penuh kesadaran dan semangat persatuan. Dalam pertemuan tersebut, menghasilkan tiga isi Sumpah Pemuda yaitu Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia. Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia. Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

**aripekon

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here