29.5 C
Bogor
Tuesday, April 23, 2024

Buy now

spot_img

Masuki Musim Penghujan, Pemdes Nanggung Tetap Fokus Bangun Jalan Desa

Nanggung l Jurnal Inspirasi

Pemerintah Desa  Nanggung, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor melakukan pembangunan jalan Kampung Siranggap – Rancabakti. Jalan yang berstatus jalan desa itu dibangun melalui program Bupati Bogor Satu Miliar Satu Desa (Samisade). Meski sekarang ini memasuki musim penghujan, pembangunan terus dilakukan agar manfaat jalan itu segera dirasakan warga.

Ketua TPK Pembanguanan Samisade Mamur mengatakan, pengerjaan betonisasi jalan penghubung antardesa itu sudah berjalan selama tiga hari. “Kendalanya sering turun hujan akan tetapi kwalitas bangunan jadi prioritas,” ujar Mamur kepada wartawan, Selasa (28/9).

Pengerjaan jalan secara berkala, kata Mamur, sekarang ini ada di kisaran 100 meter. Makmur yang akrab disapa RW Amung yang juga sebagai Ketua LPM itu menyebutkan bahwa betonisasi jalan desa tersebut berdiameter 1500 × 3 meter dengan tinggi 15 centimeter. “Realisasi pembangunan merupakan pengalokasian anggaran Samisade tahap pertama,” ucapnya.

Dijelaskannya, keberadaan jalan  yang tengah berlangsung pembangunan itu, sebelumnya telah dilebarkan berikut pengerjaan  pengerasan pada tahun 2016 dengan menggunakan anggaran Bantuan Provinsi (Banprov) Jawa Barat. “Ini salah satu upaya tindak lanjut, atas terbangunnya  jalan melalui  program Samisade. Selain akses antar kampung, jalur tersebut bisa digunakan menuju Kecamatan  Sukajaya,” jelasnya.

Sebelumnya Kepala Desa Nanggung Muhamad Sodik mengatakan, betonisasi jalan desa tersebut guna mendukung percepatan pembangunan di Kabupaten Bogor. “Alhamdulilah anggaran yang didapat  Pemdes Nanggung  sebesar 1 miliar. Diharapkan setelah rampung, akses jalan ini tentu dapat mempersingkat waktu tempuh masyarakat di beberapa kampung diantaranya warga kampung Nangela dengan Banar, sebelumnya terpaksa terlebih dahulu memutar balik ketika  hendak ke desa tetangga,” jelasnya.

**aripekon

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles