25.3 C
Bogor
Saturday, April 20, 2024

Buy now

spot_img

Pandemi Covid, Warga Desa Bunar Terbantu BPNT

CIgudeg l Jurnal Inspirasi

Bantuan bagi warga akibat dampak Covid-19 terus disalurkan. Seperti di Desa Bunar, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor berupa Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang dilakukan perluasan selama tujuh bulan dan pekan lalu telah disalurkan ke sejumlah penerima manfaat.

Kepala Desa Bunar Jajat Sudarjat menjelaskan, pendistribusian BPNT di wilayahnya sangat membantu kebutuhan masyarakat setempat terutama di tengah pandemi Covid-19 saat ini. Pendistribusian BPNT tersebut melibatkan organisasi kepemudaan seperti Karang Taruna Bunar Mekar Saluyu (BMS) dengan sistem pendistribusian dibantu para RT dan RW setempat.

“Penyaluran BPNT di Desa Bunar, berjalan baik hal ini sejalan adanya keterlibatan lembaga Karang Taruna dan pengurus RT dan RW,” ujar Jajat Sudarjat kepada wartawan, Senin (27/9).

Jajat memaparkan, Pemerintah Desa Bunar tidak terlibat dalam hal pendistribusian. “Artinya ketika KPM mau mencairkan atau menggesek kartu ATM-nya baginya tidak melarang. Namun kami harap bagi KPM di Desa Bunar itu bisa menyairkan dan belanja sama agen yang telah ditunjuk pihak desa. Musababnya ketika adanya permasalahan dengan kartu ATM-nya, semisal kartu keblokir atau permasalahan lainnya pihak operator desa bisa membantunya,” kata dia.

Kades menerangkan, penambahan penerima BPNT sebanyak 532 KPM dan secara keseluruhan penerima program BPNT termasuk reguler sekitar seribu lebih KPM.

Sementara, Ketua Karang Taruna Desa Bunar Iwan Setiawan mengatakan, pihaknya menyalurkan BPNT di wilayah Desa Bunar baru tahap perluasan. “Penyaluran bantuan ini langsung kami antarkan ke setiap rumah warga ratusan KPM,” jelasnya.

Terpisah, penerima manfaat dari warga Kampung Bunar Vira Almaidah dan Veni Vaneli mengaku baru kali ini ia mendapatkan bantuan sosial BPNT perluasan. Disebutkannya,  8 item  jenis barang yang diterimanya antara lain beras, Ikan, telur, daging ayam, tempe, tahu, kacang ijo serta sayur mayur.

Ia juga mengaku sangat berterima kasih kepada pemerintah setempat yang sudah menyalurkan haknya dengan  kondisi yang sangat baik. “Secara kuantitas dan kwalitas barang, cukup baik dan tidak ada masalah,” tukasnya.

**aripekon

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles