26.6 C
Bogor
Friday, March 29, 2024

Buy now

spot_img

Kerap Kebanjiran, Warga Pasirgintung Ingin Dibangun TPT

Nanggung l Jurnal Bogor

Warga Kampung Pasirgintung RT 03 RW 04, Desa Batutulis, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor meminta dibangunnya Tembok Penahan Tanah (TPT). Keinginan warga bukan tanpa alas an, sebabnya  rumah rumah warga yang tidak jauh dengan drainase itu sering terjadinya banjir di setiap penghujan tiba.

Salah satu rumah yang menjadi langganan banjir dari luapan saluran air atau drainase adalah Apay. Dia mengaku kewalahan disaat hujan datang yang kerap membanjiri rumahnya. “Saat hujan sudah seringkali warga disini jadi menjadi langganan banjir,” ujar Apay kepada Jurnal Bogor, Senin (27/9).

Akibat belum terbangunnya TPT, air yang dihasilkan dari limbah rumah tangga itu sering membanjiri dan masuk ke pemukiman warga. Pasca hujan, kata dia,  sisa lumpur di bagian rumah dengan berwarna hitam pekat dan  bau tak sedap terpaksa harus ia bersihkan.

“Kami minta segera adanya pembangunan TPT yang bermafaat sebagai tanggul penahan banjir,” harapnya.

Kepala Desa Batutulis Ade Supriatna merepon yang menjadi keingianan warga untuk dibangunnya TPT di lingkungan RT 03 RW 04. Mengenai hal ini, ia sudah mengajukan di Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (MusrebangDes)  bahkan sudah masuk di Rencana Kerja Pemerintah.

“Memang TPT itu sudah ada rencana dan mau dibangun, namun hal ini dilihat pada pagu anggarannya, ketika sudah  tidak adanya  Covid 19 mudah-mudahan bisa dibangun di tahun 2022 dengan menggunakan anggaran dana desa,” kata Ade.

**aripekon

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles