25.6 C
Bogor
Tuesday, April 23, 2024

Buy now

spot_img

Vaksinasi Massal MUI Kabupaten Bogor Sasar Para Santri

Ciomas | Jurnal Inspirasi

Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bogor berkolaborasi dengan Satuan Tugas (Satgas) Covid 19 Kabupaten Bogor menggelar vaksinasi massal Covid-19 yang menyasar pondok pesantren (Ponpes) yang ada di Kabupaten Bogor, Kamis (23/9). Salah satunya Pondok Pesantren Darussalam di Kampung Bubulak, Kelurahan Padasuka, Kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor.

Dalam kegiatan acara Launching Vaksinasi Massal MUI Kabupaten Bogor hadir Bupati Bogor, Ketua MUI Kabupaten Bogor, dan Forkopimda, serta Danrem 061/Surya Kencana Bogor.

Bupati Bogor Ade Yasin mengatakan, launching vaksinasi massal ini untuk masyarakat di 40 kecamatan, dan  para santri pondok-pondok pesantren  yang berada di wilayah Kabupaten Bogor.

“Ini adalah bentuk kolaborasi agar  percepatan vaksinasi kita cepat terlaksana dan semua steakholder terlibat. Tidak hanya MUI juga ormas-ormas Islam yang lebih dulu melaksanakan kegiatan vaksinasi, ini adalah bagian dari bentuk kerja sama. Karena pemerintah daerah tidak akan berjalan kalau tidak dibantu steakholder yang lain, dan kami dengan TNI dan Polri sudah rutin melakukan vaksinasi massal,” ujar Ade Yasin kepada wartawan.

Masih kata Bupati, pencapaian vaksinasi di kabupaten bogor sudah 1,9 juta lebih, dan dia berharap sebelum Desember sudah 70 persen, sehingga kalau kita hitung rata-rata per hari 50 ribu, bahkan pernah lebih. Dirinya memliki keyakinan pada Oktober dan November sudah mencapai 70 persen.

“Target santri untuk seluruh ponpes yang berada di wilayah Kabupaten Bogor, kedepanya bisa diatur dengan MUI untuk pelaksanaan vaksinasinya. Misalnya ponpesnya berdekatan bisa kita satukan di satu lokasi, dan alhamdulillah tenaga kesehatan melalui TNI mendatangkan nakes dari wisma atlet dari Jakarta yang diperbantukan di Kabupaten Bogor,” katanya.

Sementara itu Ketua MUI Kabupaten Bogor KH Mukri Adjie mengatakan, kolaborasi ini dilakukan untuk meningkatkan herd Immunity para santri yang ada di Kabupaten Bogor. Selain itu untuk mengejar target vaksinasi bahwa MUI mengajak masyarakat untuk divaksin, menepis isu-isu hoax soal vaksin.

“Masyarakat tidak usah takut divaksin karena itu bagian dari ikhtiar untuk meningkatkan kekebalan tubuh disaat pandemi ini belum berakhir, dan juga MUI menyatakan bahwa vaksin aman dan halal tidak berbahaya, mari masyarakat yang belum divaksin segera divaksin,” pungkasnya.

** cepikurniawan

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles