PLB, Bendungan Kali Cibongas Segera Dibangun

0

Nanggung l Jurnal Inspirasi

Bendungan Cibongas yang terletak di Kampung Babakanliud, Desa Kalongliud, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor dilakukan pengecekan lapangan bersama (PLB) oleh UPT Insfrastruktur Irigasi Kelas A Wilayah V bersama Dinas PUPR, Senin (20/9).

UPT  Insfrastruktur Irigasi melalui Kepala Sub Bagian Yudi Pratama mengatakan, perencanaan bangunan  bendungan kali Cibongas yang jebol pada awal tahun Januari 2020 lalu tidak lama lagi akan dilakukan perbaikan.

“Dengan melibatkan Dinas PUPR, pelaksana dan konsultan pengawas dari Kabupaten Bogor tujuannya  untuk mensingkronkan pada teknis gambar bagunan bendungan. Sebelum pada pelaksanaan  terlebih dahulu dilakukan PLB,” ujar Yudi melalui selulernya, Senin (20/9).

Yudi mengatakan, setelah PLB tinggal menunggu beberapa hari untuk pengerjaan bendungan dengan pelaksana kegiatan dari CV Haskar Persada sebesar Rp 1.011.000.000. “Proses lelang bangunan bendungan kali Cibongas  sudah selesai, dengan waktu relatif singkat bangunan bendungan itu segera dimulai,” tandasnya.

Sebelumnya disebutkan, Kepala Desa Kalongliud Jani Nurjaman menuturkan, setelah jebolnya bendungan kali Cibongas pasokan air untuk mengairi pesawahan sering tersendat dan petani kerap mengalami gagal panen.

“Akibat jebolnya bendungan, sawah seluas 45 hektare yang meliputi Kalongliud dengan Desa Hambaro saat ini tak bisa dimanfaatkan secara maksimal,” pungkasnya.

**aripekon

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here