UMKM GM FKPPI Rayon Cigombong-Dijeruk Bergerak

0

Cibinong | Jurnal Inspirasi
Terus melebarkan sayap, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Generasi Muda Putra Putri Purnawirawan TNI-Polri (GM FKPPI) Rayon Cigombong-Cijeruk gencar ikuti pameran produk lokal. Kali ini pameran dilaksanakan di salah satu pusat perbelanjaan wilayah Kecamatan Sukaraja.

Owner GM FKPPI Rayon Cigombong-Caringin, Bayu mengatakan, pihaknya menggerakan usaha kerakyatan secara kreatif berbasis kemandirian.

“Produksi kami itu berupa kerajinan tangan diantaranya keset, boneka dan kursi. Bahan bakunya itu berupa limbah kaos untuk pembuatan keset dan boneka. Sementara kursi kami pakai limbah ban luar,” ujar Bayu kepada Jurnal Bogor, Minggu (19/9).

Ketua Rayon GM FKPPI Rayon Cigombong-Caringin itu menerangkan, salah satu produk unggulan pihaknya telah sampai ke luar negeri alias ekspor.

“Kami sudah kirim contoh keset kepang itu untuk pasar di Korea. Tapi karena siruasi pandemi ini jadi agak terhambat untuk ekspor nya,” terangnya.

Ia mengungkapkan, pihaknya tidak memiliki keinginan untuk ketergantungan terhadap pemerintah.

“Kami bukan menolak bantuan pemerintah tapi memang ingin menjalanlan dunia usaha dengan mandiri. Alhamdullilah, kami tetap berjalan meski belum pernah merasakan bantuan pemerintah,” katanya.

Lebih lanjut ia memaparkan, usaha pihaknya tersebut melibatkan sejumlah unsur dalam proses produksi.

“Pengrajin bukan hanya anggota GM FKPPI Rayon Cigombong-Cijeruk tapi juga warga dan yatim setempat. Saya ingin maju bersama berbasis militan,” paparnya.

**noverando.h

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here