Kenali Penyebab Kulit Kusam

0

Bogor | Jurnal Inspirasi

Bererapa orang kerap merasa mempunyai masalah dengan kulit yang terlihat kusam, meski sudah menggunakan pelembab dan skin care pencerah warna kulit, namun masih saja terlihat kusam.

Ini biasa terjadi pada kulit normal maupun pemilik kulit kering dan berminyak, banyak faktor yang mempengaruhi terjadinya kulit terlihat kusam meskipun sudah melakukan pencegahan dengan sering cuci muka dan menggunakan berbagai macam formula pencerah kulit, pada bagian tubuh kulit bisa terjadi kerusakan dan ada pula yang memiliki kulit sehat, nutrisi sangat diperlukan untuk mencegah terjadinya kerusakan pada kulit terutama pada masalah kulit kusam.

Kenali beberapa kebiasaan sehari – hari yang akan membuat kulit menjadi rusak dan terlihat lebih kusam untuk mencegah terjadinya penuaan dini serta kulit tertap sehat dan terawat, dikutip dari laman web hellosehat terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi kulit kusam sebagai berikut:

-Pertambahan Usia
Kulit terlihat menua membuat protein yang biasa disebut kolagen terus mengalami penurunan yang terjadi secara alami kulit menjadi lebih kering dan berkeriput serta kurang bercahaya.

-Kurang Asupan Air
Minum cukup air terbukti membuat kulit menjadi sehat karena air menjaga kelembapan dan kelenturan kulit menjadi lebih tahan terhadap iritasi, keretakan, dan kerusakan pada kulit, selain itu juga kurangnya asupan air akan membuat pori – pori semakin terlihat dan keripun muncul lebih cepat.

-Panas dan Udara Kering
Kondisi seperti ini terjadi di musim kemarau, musim dingin dan cuaca tertentu yang akan membuat kulit menjadi terasa lebih kering.

-Jarang Menggunakan Pelembab
Kulit memang membutuhkan kelembapan, dengan begitu rajin menggunakan pelembab secara teratur akan melindungi kulit dari resiko kerusakan.

-Penumpukan Sel Kulit Mati
Secara alami kulit akan melepaskan sel kulit mati dan menggantinya ke sel kuli baru yang sehat, namun terkadang sering tidak berjalan dengan semestinya sehingga sel kulit mati akan menumpuk dan membuat kulit menjadi terlihat kering, bersisik, dan pecah – pecah.

-Kebiasaan Begadang
Imun akan membentuk kolagen dan keratin saat tidur, dengan melakukan kebiasaan begadang tubuh tidak dapat memproduksi kolagen dan keratin sehingga kulit menjadi tidak segar kembali.

-Stress Yang Tidak Terkelola
Stress ternyata dapat mempengaruhi kesehatan kulit dan akan memperparah para penderita penyakit kulit, banyak yang mengeluhkan kulit terlihat kusam dan tidak bercahaya.

-Banyak Mengkonsumsi Makanan Manis
Mengkonsumsi makanan manis akan meningkatkan hormon insulin yang dapat memicu kerusakan pada kolagen, akibatnya kulit akan nampak lebih tua dan banyak kerutan.

-Kebisaan Merokok
Merokok akan merusak dinding pembuluh darah dan akan mengurangi aliran darah kaya nutrisi untuk kulit, selain itu pasokan oksiken untuk kulit juga terhambat satu jam hanya dengan merokok selama 10 menit, perokok berat juga berisiko terkena masalah masalah kulit seperti kanker kulit.

-Kebisaan Minum Minuman Alkohol
Mengkonsumsi alkohol dapat membuat tubuh dehidrasi karena sifat alkohol yang menarik air dalam tubuh, jika sering mengkonsumsi alkohol tanpa diimbangi dengan minum air putih kulit akan rentan menjadi kusam.

**yudharezkydiliantoro-mg/up

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here