25.6 C
Bogor
Tuesday, April 23, 2024

Buy now

spot_img

Hari Kunjung Perpustakaan: Kementan Umumkan Pemenang Lomba, PPMKP Boyong Dua Gelar


Ciawi | Jurnal Inspirasi

Memperingati Hari Kunjung Perpustakaan(HKP) Kementerian Pertanian (Kementan) menģgelar beragam lomba. Pemenang diumumkan dalam Puncak peringatan HKP yang dibuka langsung Kepala Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian Kementan, Abdul Basit di Bogor, Selasa (14/09/2021).

Dalam ajang tersebut Perpustakaan Pusat Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan Pertanian (PPMKP) Ciawi Bogor memboyong dua gelar sekaligus, yakni juara I Perpustakaan Terbaik dan Pustakawan Inspiratif Kementan tahun 2021 yang diraih Dessy Rachmaniar.

Menanggapi prestasi ini Kepala PPMKP Yusral Tahir menuturkan Perpustakaan PPMKP sudah memiliki sistim digitalisasi dan berbagai aplikasi. Kata Dia Ditengah pandemi covid 19 saat ini digitalisasi perpustakaan merupakan fasilitas yang sangat diperlukan.

“Layanan perpustakaan seperti layanan penelusuran dan layanan sirkulasi tersedia online dan offline, “ ujarnya setelah menerima penghargaan.

Yusral menegaskan sebagai Pusat Pelatihan, keberadaan perpustakaan sangatlah diperlukan sebagai wahana bagi peserta latihan dalam melengkapi pengetahuan yang telah diberikan oleh Widyaiswara atau narasumber. Untuk itu fasilitas ruangan tidak boleh diabaikan. Demikian juga dengan promosi.

“Fasilitasi sarana dan prasarana juga sangat diperlukan termasuk suasana dan ketenangan tempat membaca, salah satu contohnya dengan adanya fasilitas membaca outdoor dengan suasana alami, tempat baca lesehan, layanan khusus anak, pojok baca. Tak kalah penting adalah promosi melalui media social maupun media elektronik seperti radio (RPC), “ ucapnya.

Perasaan senang dan bangga hinggap dihati Dessy Rachmaniar atas torehan prestasi Perpustakaan PPMKP yang dikelolanya bersama dua pustakawan lain Sri Supranti dan Tuti Susana.

“Hal ini berkat dukungan manajemen PPMKP, yang sangat aspiratif dalam menerima ide dan masukan dari para pustakawan dalam meningkatkan layanan bagi pemustaka, “ ungkapnya.

Dalam hal tugasnya sebagai pustakawan Ia mengaku merasa senang hati ketika dapat membantu orang lain dalam mendapatkan informasi atau pengetahuan. Gelar pustakawan inspiratif yang diraihnya meningkatkan motivasi dan semangatnya dalam berusaha mengelola perpustakaan sehingga dapat dimanfaatkan dengan maksimal.

Mengenai perpustakaan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengajak masyarakat memanfaatkan perpustakaan sebesar – besarnya untuk menambah wawasan dan meningkatkan khazanah keilmuan pertanian,

“Silakan manfaatkan sebesar-besarnya. Jadikan ruang literasi ini untuk menambah wawasan, meningkatkan khazanah keilmuan pertanian,” ucapnya.

Mentan SYL berharap ke depan, perpustakaan Kementan bisa terkoneksi dengan dunia internasional. “Mudah-mudahan selain dengan perpusnas (perpustakaan nasional) bisa juga (tersambung) ke (perpustakaan) Leiden (University/Belanda),” kata SYL.

Sementara, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Dedi Nursyamsi menyatakan perpustakaan menjadi salah satu sumber literasi untuk mencapai sumberdaya manusia yang profesional yang memiliki pengetahuan, sikap dan kompetensi, serta mandiri dan berdaya saing.
“ Seluruh SDM Pertanian harus mengetahui apa itu literasi, karena literasi adalah kunci dari sebuah keberhasilan, “ tuturnya

Seperti diketahui, HKP diperingati setiap tanggal 14 September sejak ditetapkan oleh Presiden Soeharto pada tahun 1995. Perayaan hari HKP ini bertepatan dengan Bulan gemar membaca. Dua perayaan ini memiliki tujuan yang sama yaitu pembiasaan berkunjung ke perpustakaan dan kegiatan membaca.

** Regi/PPMKP

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles