24.6 C
Bogor
Friday, April 19, 2024

Buy now

spot_img

Pedagang Ikan di Jalan Empang yang Masih Bertahan Hingga Sekarang

Bogor | Jurnal Inspirasi

Sudah dari beberapa tahun silam di Jalan Empang, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor tepatnya tidak jauh dari jembatan rel kereta api Empang, terlihat sejumlah pedagang ikan hias yang berjualan di pinggir jalan.

Rupanya para pedagang tersebut memang sudah turun temurun meneruskan penjualan ikan hias ini. Bahkan salah satu pedagang tersebut menyatakan bahwa ia sudah berjualan dengan melanjutkan dari kakeknya, lalu orang tuanya hingga pada akhirnya turun kepada anak-anaknya.

“Sudah berjualan disini kurang lebih dari tahun 90an, dari tadinya kakek ke bapak saya lalu sekarang ke saya. Jadi udah dari saya belum lahir pun emang udah berjualan disini,” ucap Siraj, salah satu penjual ikan hias. Selasa (14/9)

Para pedagang tersebut memang khusus menjual ikan hias koi, namun ada beberapa ikan lainnya seperti ikan mujair dan ikan emas. Untuk harganya bervariasi karena ikan koi ini dilihat dari segi ukuran dan warnanya. Untuk yang ukuran 15 cm seharga Rp17.500 dan untuk yang ukuran 20 cm seharga Rp30.000 per satu ekor.

Siroj menyatakan bahwa saat ini ia banyak menerima pesanan ikan koi melalui Whatsapp, sehingga nantinya ikan pun dapat ia antar langsung jika kediaman pembelinya masih sekitar wilayah Bogor. Jika sudah diluar Bogor ia mengirimnya melalui jasa ekspedisi. Karena banyak pembelinya yang berasal dari luar wilayah Bogor bahkan ada yang sampai luar pulau Jawa.

Para pedagang ini berjualan setiap hari pada pukul 07.00 – 17.00 WIB di pinggir jalan Empang, Kota Bogor. Menurutnya dengan adanya pandemi ini cukup berdampak bagi penjualan ikan koi. Karena memang sebagian pembelinya yang berasal dari luar Bogor sulit untuk datang karena adanya kebijakan ganjil genap dan penyekatan. Sehingga berkurangnya omzet dari penjualan. Maka ia berharap untuk segera dilonggarkan lagi kebijakannya dan semoga pandemi ini juga segera berakhir.

**edfyraamelia-mg/up

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles