Antisipasi Risiko Bencana, BPBD Kabupaten Bogor Gelar Pelatihan Destana

0

Klapanunggal l Jurnal Inspirasi

Upaya mengantisipasi potensi bencana alam seperti  banjir, longsor yang menimbulkan ancaman terhadap terhadap masyarakat, Badan Penanggulangan Bencana  Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor menggelar pelatihan Desa Tangguh Bencana (Destana), Selasa (14/9). Pelatihan Destana digelar di Desa Lulut, Kecamatan Klapanunggal, Kabupaten Bogor yang berlangsung selama 3 hari.

Sekretaris Dinas BPBD Kabupaten Bogor Budi Pranowo mengatakan, pelatihan Destana yang diselenggarakan selama tiga hari itu bekerjasama dengan PT SBI (Holcim), BPBD dan Pemerintah Desa  Lulut.

Menurutnya pembentukan dan pelatihan Destana tersebut adalah salah satu upaya pengurangan resiko terhadap bencana. “Sampai dengan sekarang jumlah Desatana di Kabupaten Bogor sekitar 50. “Tujuan program Destana agar di desa itu tangguh serta mandiri apabila menghadapi bencana,” ujar Sekdis BPBD.

Disebutkannya,  terlebih kegiatan Destana khusus di Desa Lulut ini yang bersumber anggarannya di bantu oleh PT SBI. Meski di tengah pandemi Covid-19,  yang saat ini masih mewabah, akan tetapi pihak perusahaan telah ikut andil dalam mensukseskan kegiatan tersebut.

“Pertama Destana yang dibiayai oleh dunia usaha, meski dalam kondisi masih pandemi covid-19 artinya banyak perusahaan  yang kolaps tetapi kondisi ini adanya perusahaan dengan anggaran CSR-nya hebat,” tutupnya.

**aripekon

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here