Lepas Penat di Curug Putri Kencana

0

Babakan Madang | Jurnal Inspirasi

Mau rehat? Mampir sejenak ke Bogor. Banyak destinasi wisata alam menarik dengan keindahannya yang dapat menyejukkan mata dan pikiran. Salah satunya Curug Putri Kencana yang berlokasi di Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor.

Curug Putri Kencana ini berjarak 21 kilometer dari pusat kota Bogor, Jawa Barat, dimana memakan waktu perjalanan kurang lebih 59 menit sampai 1 jam lebih perjalanan.

Curug ini sudah dibuka sejak tahun 2014 yang dikelola langsung oleh masyarakat setempat. Keindahan yang disuguhkan oleh curug ini yaitu alamnya yang asri, airnya yang jernih alami khas pegunungan, membuat para pengunjung betah untuk berlama-lama menikmati kesejukan ini.

Terdapat lima curug yang berada di Kawasan Putri Kencana ini, yaitu Curug Putri Kencana, Curug Leuwi Parluk, Curug Leuwi Balung, Curug Love dan Curug Leuwi Demang. Setiap curugnya memiliki kedalaman yang berbeda, yang paling dalam yaitu Curug Putri Kencana dengan kedalaman tujuh meter.

“Untuk kedalemannya ini macem-macem, yang paling dalam itu Curug Putri Kencananya yaitu 7 meter. Kalau Curug Parluk itu 3 meter, Curug Balung itu 3,5 meter, dan Curug Love itu 2 meter,” ujar salah satu pengelola Curug Putri Kencana, Ubed Wijaya, kepada Jurnal Bogor.

Untuk harga tiket masuknya perorang dikenakan biaya sebesar Rp.25.000, namun sebelumnya terdapat biaya parkir sebesar Rp10.000/motor.

Setelah membayar sejumlah tiket parkir dan tiket masuk, anda akan melakukan treking sepanjang 500 meter dengan pemandangan pepohonan dan aliran air sungai sepanjang jalan. Jika ingin menuju curug lainnya anda akan memakan waktu perjalanan kurang lebih 45 menit untuk sampai di curug-curug lainnya yang berada di kawasan Putri Kencana ini.

Curug Putri Kencana buka setiap hari pada pukul 07.00 – 17.00 WIB. Tapi jika anda ingin berkunjung disarankan untuk datang pada pagi hari, karena belum banyaknya pengunjung yang datang. Serta cuaca pagi hari yang sejuk dan airnya yang dingin, sehingga membuat anda dapat puas bermain air.

*”Edfyra Amelia-mg/up

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here