30.4 C
Bogor
Thursday, April 18, 2024

Buy now

spot_img

Desa Kalongliud Gunakan DD Bangun Infrastruktur Pertanian dan Pendidikan

Nanggung l Jurnal Inspirasi

Pemerintah Desa Kalongliud, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor memanfaatkan Dana Desa (DD) tahap kedua untuk membangun berbagai fasilitas pembangunan, baik sektor pertanian maupun pendidikan.

Jani Nurjaman

Kepala  Desa Kalongliud Jani Nurjaman, menerangkan anggaran yang diterima bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) itu, secara khusus untuk meningkatan ketahanan pangan masyarakat dengan dibangunnya saluran irigasi Cidangder yang terletak di Kampung Liud  di lingkungan RW 04. Saluran irigasi tersebut dialiri air dari bendungan Cibongas menuju pesawahan warga petani.

“Pembangunan saluran irigasi ini manfaat lainnya sebagai tanggul penahan air yang sering meluap ke pemukiman warga yang mengakibatkan banjir,” ujar Kepala Desa Kalongliud, Kamis (9/9).

Tak hanya itu, Kades menjeleskan dana desa juga digunakan untuk menggelar pelatihan kapasitas RT dan RW berikut para kader Posyandu, termasuk meningkatkan kapasitas Satlinmas. “Agar semua yang menjadi bagian Pemerintah Desa bisa memahami dan lebih profesional dalam menjalankan tugasnya,” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan Kades, salah satu bentuk dukungan di bidang  pendidikan, pihaknya juga membangun gedung sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Darul Fatih yang berlokasi di Kampung Peuteuy Tiga RT 01 RW 08.

Sementara pengerjaan lainnya juga dilakukan di beberapa titik lokasi pembangunan seperti pembuatan drainase di Kampung Bongas RT 02 RW 09, rehab jembatan penghubung antar RT Kampung Bongas RW 09, pembangunan MCK Kampung Bongas RT 01 RW 05, rehab Posyandu Teratai Kampung Bongas RW 09 dan pengadaan  empat unit gerobak sampah di Kampung Tegallega Permai RW 07, serta pembelian mebeler Posyandu.

** Arip Ekon

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles