25.5 C
Bogor
Friday, April 26, 2024

Buy now

spot_img

Sungai Cidurian Meluap, Sejumlah Jembatan Rusak

Cigudeg | Jurnal Inspirasi

Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Bogor bagian barat membuat aliran sungai Cidurian meluap sehingga terjadi banjir bandang. Beruntung banjir tidak masuk ke pemukiman warga, namun karena derasnya bajir membuat beberapa infrastruktur jembatan yang ada di wilayah Kecamatan Cigudeg dan Sukajaya rusak diterjang bajir bandang, Senin (6/9/2021).

Camat Cigudeg Pardi saat dilokasi mengatakan saat ini (Senin malam) aliran sungai sudah sedikit surut, namun akibat bajir bandang yang terjadi pada pukul 17.30 wib itu merusak 2 Jembatan yang ada di Desa Sukaraksa dan Sukamaju.

“Pada pukul 17.30 karena akibat hujan deras debit air sungai Cidurian meluap mengakibatkan 2 jembatan rusak yang pertama jembatan di Kampung Juga Desa Sukaraksa dan yang kedua Jembatan Cigowong DesavSukamaju Kecamatan Cigudeg hanyut terbawa derasnya air,” kata Camat Cigudeg Pardi, Senin malam (6/9/2021).

Pardi mengatakan, sampai Senin malam ini pukul 20.00 Wib dilaporkan tidak ada korban jiwa, namun dirinya mengimbau masyarakat yang masih ada dibantaran sungai Cidurian untuk segera mengungsi ke tempat yang lebih aman.

“Warga untuk mengungsi dahulu untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, meskipun debit air sudah mulai surut,” katanya.

Sementara di Desa Sipak Jasinga menurut Kepala Desa Sipak Agung Suryadinata, malam ini dilakukan kroscek di titik poin jembatan Pancasila karena aliran sungai masih deras.

“Untuk saat ini masih terpantau aman namun debit air masih cukup deras,” katanya.

Meksipun dilaporkan saat ini tidak ada korban jiwa dan rumah terdampak akibat luapan air, dari informasi yang didapat infrastruktur jembatan yang rusak tidak hanya di wilayah Cigudeg, namun di wilayah Sukajaya yakni Jembatan Desa Urug kampung adat yang menghubungkan ke Nanggung rusak akibat diterjang banjir.

Sementara di wilayah Kecamatan Nanggung akibat hujan deras jalan yang ada di wilayah Antam terputus.

** Cepi Kurniawan

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles