24.6 C
Bogor
Thursday, March 28, 2024

Buy now

spot_img

Saung Quran Alfa Rizqi: Membentuk Anak Didik yang Berakhlakul Karimah

Bogor | Jurnal Inspirasi

Saung Quran Alfa Rizqi merupakan tempat belajar ilmu agama seperti mengaji, fikih, akidah dan pelajaran penguat lainnya untuk anak-anak berusia 4 sampai 15 tahun. Filosofi pemberian nama Saung Quran ini sendiri berasal dari istilah saung yang terkesan sederhana dan Quran yang merupakan pedoman bagi umat islam.

Saung Quran ini didirikan atas dasar pemikiran Khoiruddin Usmani, sebagai pengelola yang ingin mempunyai suatu tempat belajar untuk mengamalkan ilmu-ilmu yang telah dipelajari untuk diberikan kepada generasi penerus.

Lalu dibentuk pada tahun 2016, yang bertempat di Jl. H.Ahmad yunus Kel.sukaresmi Kec. Tanah Sareal, Kota Bogor. Saung Quran ini aktif untuk kegiatan pembelajaran setiap Senin – Jumaat pada pukul 13.00 sampai 15.00 WIB.

Untuk kegiatan belajar mengajar pada Saung Quran, di luar program belajar wajib yang biasa dilaksanakan pada Senin hingga Jumaat ini meliputi, ekskul pada Sabtu dan Minggu, senam bulanan, mabit (bermalam), puasa senin kamis, dan agenda di malam Jumaat yaitu pembacaan tahlil.

Program belajar pada Saung Quran Alfa Rizqi ini menerapkan standar pembelajaran yang biasa digunakan pada pondok pesantren ataupun sekolah islam terpadu. Hingga saat ini Saung Quran telah memiliki 180 anak didik.

Respon warga sekitar pun cukup antusias dengan berdirinya Saung Quran ini, karena terlihat bahwa visi misi serta kegiatan yang dilakukan di Saung Quran ini tidak hanya berfokus pada baca tulis Al-quran saja namun ilmu-ilmu dan sejarahnya pun turut serta disampaikan kepada para anak didiknya.

“Karena kami punya prinsip anak-anak yang belajar disini tidak hanya belajar membaca dan menulis Al-quran, tapi membentuk percaya diri hingga mereka dapat mengamalkan ilmu tersebut. Sehingga banyak masyarakat yang percaya dan memberikan amanahnya untuk mendaftarkan anaknya disini,” ujar Khoiruddin Usmani pengelola Saung Quran Alfa Rizqi.

Pantauan Jurnal Bogor ketika berada di Saung Quran pun terlihat adanya kegiatan belajar yang diisi oleh mahasiswa KKN salah satu perguruan tinggi negeri.

Maka harapannya Saung Quran ini dapat lebih maju, bisa lebih diterima oleh masyarakat luas serta dapat dipercayai untuk mendidik anak-anak agar berakhlakul karimah serta lebih istiqomah dalam kebaikan.

** Edfyra Amelia-mg/UP

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles