32.6 C
Bogor
Thursday, April 25, 2024

Buy now

spot_img

Rumah Belajar Mifasol: Wadah Edukasi yang Menginspirasi

Depok | Jurnal Inspirasi

Rumah Mifasol merupakan rumah belajar yang menaungi anak-anak marjinal dan melengkapi hak pendidikan setiap anak Indonesia untuk belajar secara merdeka. Latar belakang pemberian nama Rumah Belajar Mifasol ini memiliki arti yaitu Mi itu mimpi, Fa itu Fantang menyerah, Sol itu soal prestasi nomor satu.

Rumah Mifasol ini didirikan atas dasar pemikiran para remaja yang peduli bahwa di lingkungan sekitar mereka masih banyaknya anak-anak yang belum mendapatkan pendidikan yang layak karena keterbatasan biaya.

Kemudian dibentuk pada tahun 2018, di Lembah Abadi Jaya Mushollah Al-Bahar RT 09 RW 02 Kota Depok. Rumah Mifasol ini aktif kegiatan belajar mengajar setiap Sabtu dan Minggu pada pukul 10.00-12.00 WIB.

Pada masa pandemi ini kegiatan belajar mengajar di Rumah Mifasol meliputi kegiatan offline, online dan non akademik, dimana untuk kegiatannya sendiri mencangkup tiga program kelas yaitu mentoring, minat bakat, dan kelas.

Program mentoring berupa kegiatan seminar atau workshop yang diadakan oleh Rumah Mifasol kepada anak-anak dan juga orang tua, untuk program minat bakat berupa kegiatan yang bertujuan untuk menggali potensi peserta, seperti pentas seni, pentas tari, dan sebagainya.

Dan program kelas yang memang selalu diadakan setiap minggunya. Dalam kegiatan belajar mengajar ini terdapat para pemateri yang mengajarkan pelajaran-pelajaran yang hampir tidak jauh berbeda dengan yang diajarkan di sekolah, seperti IPA, Matematika, dan Bahasa Indonesia.

“Karena kan sebagian anak-anaknya ada yang bersekolah juga ya, tapi sebagian juga ada yang enggak sekolah. Jadi beberapa dari mereka sudah ada yang sedikit paham pelajaran yang diajarin sama kakak pemateri disini, karena materi di Mifasol juga nggak beda jauh sama materi pelajaran di sekolahnya gitu,” ujar Dania, pengurus Rumah Mifasol, Senin (30/8)

Hingga sekarang Rumah Mifasol telah memiliki kurang lebih 40 anak didik. Mereka semua selalu bersemangat dan antusias untuk mengikuti setiap kegiatan belajar mengajar.

Untuk pembiayaan operasional kegiatan mengajar di Rumah Mifasol ini memiliki donatur tetap, yang kerap membantu finansial dalam mendukung program pendidikan yang dijalankan oleh Rumah Mifasol.

Maka para pengurus pun berharap Rumah Belajar Mifasol dan anak-anak di dalamnya dapat berkembang secara bertahap agar apa yang disampaikan dapat diterima oleh anak didik dengan baik, serta menyamaratakan hak belajar bagi setiap anak dimanapun.

** Edfyra Amelia-mg/UP

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles