Cara PKS Memaknai Nilai-nilai Kemerdekaan RI

0

Gelar Lomba Baca Teks Proklamasi Mirip Suara Bung Karno

Cibinong | Jurnal Inspirasi

Peringatan ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang bertepatan dengan masa pandemi Covid -19, memang tidak semeriah diwaktu normal atau sebelum pandemi. Banyak perlombaan khas 17 Agustusan pun ditiadakan atau digelar, lantaran dikhawatirkan menimbulkan kerumunan.

Namun demikian, semangat untuk meneladani nilai-nilai kemerdekaan terus digaungkan, seperti yang dilakukan Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PKS Jawa Barat, yang menggelar lomba virtual baca teks proklamasi mirip suara Bung Karno serta ekperasi dengan peserta kaum milenial atau generasi muda.

“Lomba yang pertama kali digelar ini, Alhamdulillah berlangsung sukses, hebatnya lagi peserta dari Kabupaten Bogor, atas nama Reva Prima Farhan, berhasil meraih juara kedua katagori kemiripan suara dan Yesaya Yulius Saputra Muda, untuk katagori penjiwaan dan ekpresi,” kata Ketua DPD PKS Kabupaten Bogor, Dedi Aroza, saat memberikan apresiasi atau kadeudeuh dan plakat kepada kedua pemenang di kantor DPD PKS, Kamis (26/8).

Dedi mengaku, bangga dan terharu, di tengah era modernisasi dan digitalisasi, jiwa nasionalisme dan patriotism kaum milenial masih kuat, sebagai salah satu buktinya, lomba pembacaan teks proklamasi yang diadakan DPW PKS Jawa Barat, pesertanya cukup banyak.

“Dari lomba ini, kami berharap generasi muda mampu mengapresiasi jiwa kejuangan dan semangat Proklamasi 17 Agustus 1945 dan kerelaan berkorban para pahlawan yang berjuan merebut kemerdekaan,”ujarnya.

Yesaya mengaku, senang mengikuti lomba tersebut yang diadakan PKS Jawa Barat. Informasi lomba sambung pemuda yang tinggal di Desa Kranggan, Kecamatan Gunungputeri itu didapat dari sosial media kemudian ikut mencoba berpartisipasi. Hasilnya menjadi juara dua kategori ekspresi dan penjiwaan.

“Saya sangat mengapresiasi apa yang dilakukan PKS yang memberikan anak muda kesempatan untuk berkiprah melalui partai ini. Saya bangga dengan PKS, semoga PKS menjadi jaya dan maju terus,” katanya.

Ketua Bidang Kepemudaan DPD PKS Kabupaten Bogor, Suprapto, mengatakan selain hadiah dari panitia sebesar Rp 1 juta yang bersangkutan juga mendapatkan jas PKS dan siap bergabung dengan PKS.

“Sudah mengirimkan KTP dan pas foto, AInsya Allah dalam waktu dekat kartu anggota sudah terbit. Dan tentu saja, banyak potensi pemuda yang bisa disalurkan melalui PKS. Contohnya lomba baca teks Proklamasi mirip Soekarno,” tandasnya.

Suprapto meyakin, ada banyak pemuda seperti Yesaya yang ingin menyalurkan kegemarannya melalui PKS. Kesempatan yang baik bagi pemuda membuktikan dirinya dalam aktivitas yang bermanfaat sekaligus memupuk karakter kepemimpinan.

“Jadikan kesempatan masa muda dengan menempa diri dan beraktualisasi melalui PKS. Sudah banyak pemuda yang merasakan manfaatnya bergabung dengan PKS,”ujarnya menutupi.

** Mochamad Yusuf

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here