Bukit Stevia di Gunung Leutik Bogor Suguhkan Keasrian Alam

0

Bogor | Jurnal Inspirasi

Bukit Stevia yang berada di Gunung Leutik tepatnya di kampung Cilongok, Desa Kiarasari, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor menjadi tempat destinasi wisata baru.

Nama Bukit Stevia sendiri diambil karena di daerah tersebut banyak tanaman yang bernama stevia dan selalu dijadikan minuman jamuan kepada tamu yang datang ke tempat tersebut, Desa Kiarasari membuat destinasi wisata untuk menydarkan bahwa lingkungan alam sekitar perlu dijaga dan dirawat, selain itu alam yang menjadi kebanggaan suatu masyakarat Desa Kiarasari untuk memulihkan perekonomian masyarakat sekitar akibat dampak pandemi Covid-19.

Sebelumnya warga setempat membuka akses jalan menuju tempat wisata dengan bergotong royong membersihkan serta menghias lingkungan sekitar dengan tanaman – tanaman yang asri dan membangun beberapa tempat untuk jadi tempat wisata. beberapa tempat yang disediakan di desa tersebut seperti Sanggar Nitis Budaya untuk memperkenalkan dan mempertahankan kelestarian budaya yang ada di desa, lalu beberapa fasilitas lainnya seperti hiburan kesenian tradisional, kerajinan tangan, dan makanan tradisional khas Desa Kiarasari.

Terdapat saung – saung untuk beristirahat sambil mencoba hidangan tradisional Desa Kiarasari serta spot untuk berfoto dengan pemandangan alam yang asri membuat hasil yang sangat indah, udara sejuk membuat pengunjung merasakan kesegaran alam setelah beberapa pekan menjalani aktivitas sehari – hari.

Desa Kiarasari selalu menadaptkan penghargaan dari pemerintah setempat yaitu penghargaan Kampung Ramah Lingkungan, dengan adanya destinasi wisata ini diharapkan masyarakat dan para pengunjung tetap selalu menjaga kebersihan, saling menjaga kelestarian alam dan budaya serta kesehatan dan mematuhi protokol kesehatan tak luput untuk memperhatikan etika tatakrama jika berkunjung ke suatu daerah untuk saling menghargai.

** Yudha Rezky Diliantoro-mg/UP

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here