Tips Mudah Merawat Sepeda Motor yang Lama tak Terpakai Saat PPKM

0
ilustrasi

Bogor | Jurnal Inspirasi

Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) membuat mobilitas masyarakat dibatasi, ditambah selama pandemi Covid-19 kegiatan masyarakat dilakukan secara daring atau work from home (WFH) sehingga kendaraan bermotor yang sering digunakan untuk beraktivitas sehari – hari lebih banyak terpakir di garasi.

Dalam memanfaatkan waktu selama dirumah bisa melakukan kegiatan bermanfaat untuk menghabiskan waktu luang dengan merawat sepeda motor dengan memeriksa komponen dan mengganti sparepart secara berkala agar tetap prima saat digunakan.

Berikut yang harus diperhatikan saat merawat sepeda motor tetap terawat selama PPKM

1 Memeriksa oli mesin
Periksa oli mesin motor apakah ada kebocoran dan jika volume oli mesin berkurang tambahkan dengan sesuai batasan yang ada pada stik penutup oli, jika oli mesin sudah berwarna hitam segera melakukan penggantian oli mesin.

2 Memeriksa rem
Motor memiliki sistem pengereman dengan berbagai model, seperti rem cakram dan rem tromol bagi motor yang memiliki rem cakram wajib periksa minyak rem serta kampas rem, selain itu untuk motor yang menggukanan sistem pengereman tromol periksa rem jika terasa dalam bisa dilakukan penyetelan dengan memutar mur yang terhubung dengan kabel rem.

3 Periksa aki atau battery
Aki atau battery menjadi komponen untuk menjalankan kelistrikan yang ada di kendaraan, dengan memeriksa lampu utama lampu sein, klakson, dan starter motor jika semua berjalan dengan baik maka bisa dikatakan aki atau battery dalam keadaan baik, namun jika motor lama tak terpakai untuk merawatnya cukup dengan dipanaskan selama 3 sampai 5 menit untuk pengisian tegangan pada aki motor.

4 Memeriksa tekanan ban
Memeriksa ban mulai dari tekanan ban hingga keausan ban agar saat digunakan tetap nyaman, memeriksa tekanan angin, jika ban terlihat kurang angin bisa ditambahkan, dan keausan ban yang sudah mulai tidak terlihat alurnya segera melakukan penggantian karena berbahaya saat digunakan ban terasa licin di aspal apalagi dijalanan yang basah.

5 Berikan pelumas pada bagian yang rawan karat
Lama tak digunakan beberapa bagian yang terletak pada motor bisa berkarat untuk merawatnya berikan pelumas di sisi yang berhimpitan seperi standar, step, rantai, serta beberapa mur yang ada di bagian motor.

6 Membersihkan motor
Membersihan beberapa komponen seperti filter penyaring udara, membersihkan karburator dan membersikan CVT untuk kendaraan motor matic agar motor tidak berkurang performanya saat digunakan selain itu mencuci motor agar tetap bersih dari debu dan kotoran apalagi saat setelah terkena hujan segera untuk dicuci agar tidak ada karat pada beberapa bagian motor.

Dengan melakukan berbagai perawatan tersebut motor yang lama tak terpakai tetap terawat dan nyaman untuk digunakan, melakukan penggantian sparepart secara berkala untuk menghindari rusaknya beberapa komponen kendaraan bermotor.

** Yudha Rezky Diliantoro-mg/UP

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here