Himaska Unpak Luncurkan Instalasi Biogas di Kampung Bongas Dua

0

Nanggung l Jurnal Inspirasi

Ciptakan kotoran hewan ternak menjadi bermanfaat, Himpunan Mahasiswa Kimia (Himaska) Universitas Pakuan Bogor bersama warga Kampung Bongas Dua, Desa Kalongliud, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor meluncurkan instalasi biogas.

Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa itu, merupakan upaya dari akademisi menyosialisasikan kembali manfaat dan cara pembuatan biogas.

Dosen Kimia Universitas Pakuan, Dr Ade Herimulyati mengatakan, ada dua reaktor biogas berkapasitas kecil yang mampu menampung dan mengelola kotoran hewan dan sampah dari tiga rumah dalam sehari.

“Sampah dari rumah tangga dan kotoran hewan ternak mengandung protein karbohidrat, senyawa organik yang bisa difermentasi di dalam dua reaktor itu, sehingga nantinya menghasilkan gas metana yang bisa dimanfaatkan untuk biogas,” ujarnya saat peresmian instalasi biogas, kemarin.

Menurut Ade, program yang diinisiasi mahasiswanya tersebut sebenarnya telah banyak dilakukan di tempat lain. Meskipun begitu, ini merupakan upaya dari akademisi untuk kembali mensosialiasikan hasil penelitian biogas kepada masyarakat.

Pihaknya berharap, warga dan juga pemerintah desa setempat dapat melanjutkan dan menyebarkan instalasi biogas ke titik-titik lain guna memperluas pemanfaatan kotoran hewan ternak yang ada. “Kita dari akademisi mensosialisasikan kembali hasil penelitian ini supaya bisa langsung diaplikasikan ke masyarakat,” jelasnya.

Kepala Desa Kalongliud, Jani Nurjaman berharap, instalasi biogas ini menjadi langkah awal pemanfaatan kotoran hewan ternak menjadi sesuatu yang bernilai di wilayah desanya.

Apalagi, sambung Jani, masih banyak peternak domba ataupun kerbau di Desa Kalongliud yang selama ini belum benar-benar memanfaatkan sisa hasil kotoran hewannya. “Tentu kita bisa manfaatkan ini untuk mengarah ke program desa mandiri, kami implementasikan melalui anggaran desa,” tukasnya.

** Arip Ekon

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here