Anak Berkebutuhan Khusus Divaksin Covid

0

Gunung Sindur | Jurnal Inspirasi

Ratusan anak berkebutuhan khusus telah menjalani vaksinasi Covid-19 di Yayasan Bhakti Luhur Kecamatan Gunungsindur, Kabupaten Bogor, Jumat 20 Agustus 2021.

Kegiatan vaksinasi terhadap anak yang berkebutuhan khusus itu dilakukan untuk meningkatkan herd immunity terhadap mereka, vaksinasi itu juga dilakukan secara jemput bola oleh tim vaksinator dan relawan dari RSAU dr Esnawan Antariksa Lanud Halim Jakarta.

Relawan vaksinasi anak berkebutuhan khusus, Imas Sihombing mengatakan kegiatan itu juga dalam rangka mendukung percepatan penanganan Covid-19 di tanah air.

Dari itu relawan bersama RSAU dr. Esnawan Antariksa melaksanakan Vaksinasi Covid-19 bagi anak-anak Disabilitas bertempat di Yayasan Disabilitas Bhakti Luhur, Kecamatan Gunungsindur, Kabupaten Bogor Bogor.

“Vaksin visit bagi penyandang disabilitas ini pertama kali dilakukan dan merupakan rangkaian kegiatan Hari Bhakti Ke-74 TNI AU. Vaksinasi covid-19 Tahap I dilaksanakan pada 23 Juli 2021 dan tahap 2 dilaksanakan pada 20 Agustus 2021, dengan jumlah penerima vaksin covid-19 sekitar 200 orang,” ujar Imas Sihombing dan Adhe Dewanti kepada wartawan.

Masih kata Imas, adanya berbagai keterbatasan terutama kondisi anak-anak disabilitas, dan juga keterbatasan yayasan, baik tenaga ataupun materil, maka relawan tergerak untuk mengupayakan dapat dilakukannya kegiatan vaksin covid-19 bagi anak-anak disabilitas, yang bertempat di Yayasan Bhakti Luhur (vaksinasi visit).

“Kemudian kami mencoba mengajukan proposal ke pihak TNI AU dan kemudian melalui Sekretaris RSAU Dr. Esnawan, Dr. Wayan Sumadyasa, SpOG. Disampaikan bahwa proposal kami disetujui dan disupport oleh Karumkit RSAU dr. Esnawan Antariksa, Dr. Mukti Arja Berlian. Hanya butuh 2 hari saja dari sejak proposal vaksin visit disetujui, kegiatan vaksin Covid-19 Tahap I pun langsung dilakukan, bertempat di Yayasan Bhakti Luhur Parung Bogor pada 20 Juli 2021. Dan ini merupakan kegiatan pertama kali dilakukannya vaksin visit di Yayasan Disabilitas oleh tim RSAU dr. Esnawan Antariksa,” tambahnya.

Pimpinan Yayasan Bhakti Luhur Suster Sisilia menjelaskan latar belakang terselenggara vaksin visit di Yayasan Bhakti Luhur, Yayasan Disabilitas Bhakti Luhur adalah sebuah yayasan yang menampung ratusan anak-anak disabilitas seperti Tunanetra dan Low Vision, Tunarungu dan Tunawicara, Tunagrahita, Tunadaksa, Tunalaras, Tunaganda, Epilepsi, Cerebral Palsy, Gangguan Jiwa dan Hydrocephalus.

Dirinya mengucapkan banyak terima kasih kepada para relawan yang sudah menginisiasi kegiatan vaksinasi dan terima kasih kepada pihak TNI AU.

“Sebagai upaya preventif agar penghuni yayasan terutama para penyandang disabilitas terhindar dari virus covid-19, sejak Maret tahun 2020 (sudah kurang lebih 1.5 tahun), saya selaku pimpinan yayasan memberlakukan pembatasan aktivitas keluar dan juga bertemu dengan pihak luar seperti anak-anak tidak boleh memiliki kegiatan yang mengharuskan mereka meninggalkan yayasan, selain itu membatasi tamu yang berkunjung ke yayasan) serta membiasakan seluruh penghuni yayasan melakukan prokes yang ketat. Akan tetapi itu saja belum cukup, pertahanan tubuh masih perlu ditambah dengan dilakukannya vaksinasi covid-19,” jelasnya.

** Cepi Kurniawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here