31.4 C
Bogor
Friday, March 29, 2024

Buy now

spot_img

BPPSDMP-READSI Dukung Peningkatan Kapasitas SDM Pertanian dengan Hibah Peralatan IT

Tangerang | Jurnal Inspirasi

Setelah sukses dengan Pelatihan Sejuta petani dan penyuluh, BPPSDMP kembali menggarap Pelatihan Kewirausahaan Bagi DPM dan DPA. Persiapan dan pematangan dilakukan melalui Koordinasi Teknis di Hotel Santika BSD City, Serpong, Banten, Jumat (20/8/21).

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian, Prof. Dedi Nursyamsi dalam acara pembukaan mengatakan Untuk mewujudkan ketahanan pangan, dibutuhkan SDM Pertanian yang handal dan profesional. Peningkatan SDM Pertanian bukanlah pekerjaan mudah.

Sebab, tantangan yang dihadapi sangat kompleks, antara lain kompetensi dan kemampuan SDM yang harus ditingkatkan, terutama membuat agar generasi muda selalu cinta pertanian. Pelatihan Sejuta Petani dan Penyuluh bukti bahwa respon masyarakat sangat tinggi, untuk itu pelatihan kewirausahaan ini sangat penting untuk meningkatkan mutu para petani.

Menyadari bahwa pelatihan memegang peranan penting dalam upaya peningkatan kapasitas SDM Pertanian. Dalam rangka mendukung pelaksanaan pelatihan terutama dalam hal kualitas dan kuantitas pelaksanaan pelatihan, Program Rural Empowerment dan Agicultural Development Scaling Up Initiative (READSI) ikut berperan serta aktif melalui peningkatan kapasitas widyaiswara dan tenaga kediklatan lainnya serta memberikan dukungan sarana pelatihan UPT Pelatihan Pertanian Pusat sebagai lembaga resmi pemerintah yang memfasilitasi pelaksanaan pelatihan pertanian.

Dimasa pandemi Covid-19, pelaksanaan pelatihan dalam upaya peningkatan kapasitas SDM
Pertanian tidak boleh terhenti oleh karenanya Pusat Pelatihan Pertanian BPPSDMP telah melakukan digitalisasi pelaksanaan pelatihan melalui pelatihan online baik dengan metode e-Learning maupun Blended Learning.

Dalam pelaksanaan pelatihan berbasis digital,
penyeleggara pelatihan memerlukan perangkat IT yang memadai untuk dapat menyelenggarakan
pelatihan yang berkualitas. Oleh karenanya, Program READSI memberikan dukungan IT bagi UPT
Pelatihan Pertanian Pusat sehingga dapat menyelenggarakan pelatihan yang berkualitas dan memberikan manfaat yang lebih luas bagi petani dan insan pertanian lainnya.

Dalam kegiatan ini Kepala Badan PPSDMP yang didampingi Sekretaris Badan PPSDMP DR. Ir. Siti Munifah, M.Si, Kepala Pusat Pelatihan Pertanian DR. Ir. Leli Nuryati, M.Si. Kepala Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian, menyerahkan Sarana IT mendukung pelatihan online di seluruh UPT Pelatihan Pertanian dengan anggaran yang bersumber dari Program READSI.

Termasuk salah satu UPT Balai Besar Pelatihan Peternakan Batu menerima bantuan berupa; 1) Samsung Televisi QLED 75 Inch, 2) Logitech Logitech Group, 3) Logotech Expansion Mic For Group, 4) Primatech A15P750UW active Multi speaker, 5) Primatech WCS 4OU Wireless Microphone, 6) Brite Kabel HDMI, 7) Libec Tripod Libec Type 650EX, 8) PC All in one HP All-in-One Proone 400 G6333VSPA, 9) Sony A7 III (Bodi+Lensa Zoom 28-70MM), 10) Primatech Zed24 Audio Mixer 11) Braket TV.

** T2S /BBPP Batu

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles