Pembangunan Tertunda 2 Tahun, Samisade Jadi Solusi

0

Nanggung l Jurnal Inspirasi

Dana bantuan keuangan insfraktuktur Satu Miliar Satu Desa (Samisade) tahun 2021 di Desa Hambaro, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor difokuskan untuk pembangunan TPT, drainase plat beton, pagar pengaman jalan dan pengaspalan (hotmix ) di Jalan Desa Pasireurih Sibentang.

Kepala Desa Hambaro H. Firdaus mengatakan, masyarakat responsif karena di tengah pandemi ini ada program Samisade dengan tenaga kerja diharuskan dari warga sekitar. “Alhamdulillah di tengah pandemi ini adanya Samisade tentu sangat membantu sekali, terutama membantu perekonomian masyarakat Desa Hambaro,” ujar H. Firdaus kepada Jurnal Bogor, Kamis (19/8).

Ratusan warga setiap harinya bekerja memanfaatkan anggaran Samisade dengan cara melakukan padat karya tunai (PKT) dengan sistem swakelola. “Ratusan warga mendapat upah dari pekerjaan melalui program Samisade. Untuk pemerataan dilakuan dengan cara rolling,” imbuhnya.

Kehadiran program Samisade dijelaskan Kades, tentu saja sangat mendukung perekonomian masyarakat, Musabnya sejak tahun 2020 tak sedikit bangunan insfrastruktur yang tertunda akibat wabah Covid- 19.

Anggaran dana desa yang seharusnya nida menjawab kebutuhan masyarakat, namun  lagi lagi semenjak adanya Covid -19 maka dana desa pun dialihkan untuk BLT bagi warga yang terdampak Covid- 19. “Dua tahun dimasa pandemi ini banyak warga yang menganggur, namun program Samisade salah satu solusi untuk membantu roda perekonomian masyatakat,” jelasnya.

** Arip Ekon

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here