Jonggol Punya Penangkaran Rusa dengan Pemandangan Ciamik

0

Jonggol | Jurnal Inspirasi

Jonggol tak pernah kehabisan menawarkan wisata bernuansa alamnya. Salah satunya adalah Penangkaran Rusa Cariu, yang berada di Desa Buanajaya, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Bogor. Penangkaran Rusa ini adalah tempat wisata edukasi dimana terdapat banyak rusa yang dilepas liarkan dengan bebas. Sehingga cocok bagi keluarga yang ingin mengajak anak-anak untuk berinteraksi langsung dengan rusa.

Penangkaran Rusa Cariu atau disebut juga Taman Wisata Penangkaran Rusa Giri Jaya Cariu ini menawarkan nuansa alam yang asri dan indah, ditambah para pengunjung dapat berinteraksi dan memberi makan langsung rusa-rusa yang jinak.

Di sana selain dapat menikmati keindahan alam hutan yang asri dan mendengar aliran air sungai yang tenang, pengunjung dapat mendekati rusa dengan memberi makan seperti wortel atau ubi yang memang dijual di area penangkaran seharga Rp 10.000 untuk satu kantong.

“Rusa di sini mah jinak-jinak, kalau dipanggil sama petugas yang suka jagain pasti langsung pada nyamperin, kalau dikasih ubi sama wortel juga nih langsung nyamperin,” ujar ibu penjual wortel yang berada di area Penangkaran Rusa.

Untuk sampai ke titik penangkaran, pengunjung harus melewati jalan setapak dengan pemandangan yang dipenuhi sawah. Lalu menyebrangi sungai dengan jembatan rotan dan menyusuri hutan yang sangat terasa nuansa alaminya. Anak-anak tentunya akan bersemangat karena kegiatan seperti ini sangat menyenangkan.

Para pengunjung pun dapat berburu foto untuk dibagikan ke jejaring media sosial. Tidak sedikit pengunjung yang mengabadikan momen ketika sedang memberi makan rusa. Selain dapat berfoto dengan rusa, kita juga dapat berfoto dengan pemandangan alam yang dipenuhi pohon-pohon pinus yang menjulang tinggi.

Selain itu disuguhkan juga wisata lainnya seperti berkemah, outbound, bersantai di hammock, dan kolam renang untuk anak-anak. Harga tiket masuk Penangkaran Rusa ini cukup murah karena hanya Rp10.000 per orang dan biaya parkir Rp 2000. Ini bisa menjadi salah satu alternatif rekreasi keluarga yang cukup menyenangkan.

** Edfyra Amelia-mg/UP

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here