28.8 C
Bogor
Friday, March 29, 2024

Buy now

spot_img

Cinta Tanah Air, Warga Barengkok Gelar Upacara HUT RI

Leuwiliang l Jurnal Inspirasi

Peringati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-76, warga Kampung Barengkok I, Desa Barengkok, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor melaksanakan upacara pengibaran bendera di Lapangan Sansiro pada Selasa, (17/8)

Puluhan warga dari berbagai usia tampak serius mengikuti prosesi pengibaran bendera Merah Putih..

Layaknya upacara pengibaran bendera pada umumnya, sebagian warga dipercaya sebagai petugas seperti inspektur dan komandan upacara, pembaca teks Pancasila dan pembukaan UUD 1945 dan warga lainnya sebagai peserta.

“Mulai dari anak-anak hingga lansia mengikuti upacara yang pertama kali dilakukan warga di Barengkok ini,” ujar Ketua RT 01/01 Ahmad Rifai saat menggelar upacara tersebut.

Menurut Rifai, untuk pakaian peserta upacara disesuaikan dengan umur dan tingkat pendidikan. Seperti siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) menggunakan hijau putih, siswa SMA putih abu dan untuk mahasiswa menggunakan almamaternya masing-masing. Meskipun ada juga yang menggunakan pakaian adat kebaya.

Sedangkan untuk warga dewasa hingga lansia ada yang menggunakan batik, baju muslim dan baju pramuka.

“Untuk pelaksanaan, kami minta peserta menjaga jarak dan juga memakai masker,” tutur Rifai.

Sementara itu, Sekretaris Karang Taruna Barengkok Iim Ibrahim menuturkan, apa yang dilakukan warga Barengkok ini merupakan wujud kecintaan kepada Tanah Air sebagai tempat kelahiran warga asli Indonesia.

Dengan melibatkan semua kalangan, upacara ini juga bertujuan mengedukasi warga yang selama ini mungkin lupa bagaimana proses pengibaran bendera Merah Putih.

“Dan syukur masyarakat ternyata antusias, ini menjadi contoh bagaimana tahun-tahun berikutnya bisa rutin dilaksanakan,” tukasnya.

** Arip Ekon

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles