BPPSDMP Peringati HUT RI ke-76, Momentum Wujudkan Petani Maju Mandiri dan Modern

0

Malang | Jurnal Inspirasi

Kepala Badan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementerian  Pertanian, Prof. Dedi Nursyamsi mengatakan melalui peringatan HUT RI ke-76 mengajak seluruh jajarannya insan pertanian Indonesia menjadi pelopor atau pejuang dalam mewujudkan kedaulatan pangan  untuk bangsa ini. Caranya dengan berkontribusi positif dalam bentuk kerja nyata sekecil apapun sesuai kemampuan, bidang tugas, dan profesi masing-masing.

“Ayo jadi pelopor bagi keluarga, lingkungan, dan bangsa Indonesia. Kontribusi positif sekecil apapun sangat berguna untuk kemajuan bangsa dan negara ini,” ungkap Kabadan melalui seluler, Selasa (17/08).

Lebih lanjut, Dedi mengatakan, jargon NKRI Harga Mati kerap ditemui di banyak tempat. Implementasinya ditataran politik dan ideologi kebangsaan harus dirumuskan secara pasti. NKRI harus dipertahankan, selain karena kesejarahan NKRI yang kuat, merupakan amanah para pendahulu bangsa ketika memerdekakan Republik Indonesia. Jadi NKRI tak bisa diubah harus tetap kokoh dan kuat.

Upaya untuk mensejahterakan dan mewujudkan keadilan sosial bagi 273 juta jiwa adalah tugas berat yang harus segera di laksanakan dengan serius, karena kalau terlambat bisa menimbulkan disintegrasi bangsa.

Konteks berperang saat ini tidak lagi mengangkat senjata melawan penjajah. Namun berperang untuk mengatasi berbagai masalah bangsa, seperti, covid 19 yang sudah lebih dari satu tahun menghantam tatanan kehidupan kita, regenerasi petani, masalah lahan sempit, khususnya di Jawa, kualitas tanah banyak yang rusak, karena penggunaan pupuk dan pestisida berlebihan, dan tidak menghiraukan bagaimana nasib tanah ke depan, permodalan dimana petani belum menyerap Kredit Usaha Rakyat (KUR) secara maksimal, kemampuan petani dalam penyerapan teknologi yang berkembang relatif masih perlu didorong.

Hal lain petani kita belum terbiasa mengelola aspek bisnis dalam kegiatan pertaniannya mulai dari hulu sampai hilir padahal dihilir ada nilai tambah yang sangat besar.

Diharapkan, komitmen seluruh para pegawai lingkup BPPSDMP Kementerian Pertanian  untuk mempersatukan diri dapat terus ditindaklanjuti secara nyata. Makna hari kemerdekaan dalam konteks kekinian adalah orang yang konsisten memperjuangkan sesuatu untuk perubahan ke arah yang positif.

Kerja Nyata untuk bangsa ini tidak hanya menjadi tugas pemerintah, tapi juga seluruh komponen masyarakat. Jangan sampai pengorbanan para pendahulu menjadi sia-sia karena sikap ketidakpedulian kita.

Kabadan menambahkan, jika setiap individu mampu melakukan hal keteladanan, dapat dibayangkan efek yang dapat dihasilkannya. Berbagai persoalan yang kita hadapi jauh lebih mudah teratasi karena semua kita memiliki integritas yang tinggi.

** T2S/BBPP Batu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here