31.6 C
Bogor
Wednesday, April 24, 2024

Buy now

spot_img

Diamond Blood Jadi Tema Donor Darah Katar Gunung Putri

Gunung Putri | Jurnal Inspirasi

Karang Taruna (Katar) Desa Gunung Putri melakukan aksi donor darah di aula kantor sesa setempat, dengan bertemakan “Diamond Blood”, Senin (8/3). Kepala Desa Gunung Putri, Damanhuri berharap aksi ini dilaksanakan secara rutin sebagai bagian dari program kerja desa yang berkelanjutan.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan positif yang dijalankan oleh Katar Gunung Putri ini, saya harap bisa menjadi program berkelanjutan tidak hanya sporadic,” kata A Heri, biasa disapa.

Dalam mendukung kegiatan ini dia merencanakan untuk membuat Bank Darah Desa Gunung Putri setelah melihat antusias pendonor. “Saya rasa Pemdes Gunung Putri sudah bisa membuat bank darah desa setelah lebaran nanti,” jelasnya.

Menurutnya, pentingnya membuat bank darah desa bukan saja sebagai bentuk solidaritas sosial, tapi juga untuk menumbuhkan persatuan antar warga. Karena melihat seringkali PMI babak belur mencari darah tambahan. “Saya rasa bank darah ini memang sudah harus dibuat khususnya di Desa Gunung Putri. Untuk pelaksanaannya nanti kita obrolkan lagi dengan lembaga yang ada di desa dan juga PMI Kabupaten Bogor sendiri,” tandasnya.

Ketua Pelaksana Kegiatan, Babar Roy Ramadhan menjelaskan, selain sebagai bentuk kegiatan sosial juga bisa berguna bagi orang-orang yang membutuhkan bantuan darah. “Karena bagi orang-orang yang sedang dalam kondisi kekurangan darah itu kan penting banget sumbangsih darah dari kita yang sehat, makanya kita yang sehat itu memiliki sesuatu yang berharga seperti berlian,” ujarnya.

Dalam kegiatan donor darah tersebut, dihadiri oleh 68 pendonor, namun hanya 56 pendonor yang bisa melakukan donor darah. Sebanyak 12 orang pendonor itu gagal mendonorkan darahnya karena sedang dalam kondisi tidak fit. Saat ditensi darah mereka dalam keadaan tinggi, dari hasil pelaporan, ada yang baru pulang kerja shift 3 dan karena cuaca lagi musim hujan juga banyak yang demam.

“Kita juga menggandeng PMI Kabupaten Bogor dan intansi yang ada di Desa Gunung Putri seperti staf desa, LPM, BPD, Linmas, PKK, BUMDes dan Katar sendiri yang diharapkan bisa memberikan darah, juga bisa mendapat manfaat bagi si pendonor sendiri. Salah satunya meregenerasi darah, dan donor darah juga bisa menjadi secercah harapan untuk pasien yang kekurangan darah, itu kan kalo dilakukan secara ikhlas bisa menjadi ibadah,” pungkasnya.

** Nay Nur’ain

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles