26.6 C
Bogor
Thursday, April 25, 2024

Buy now

spot_img

Tirto Maritan Tinjau Lokasi Saluran Irigasi Ciderum

Caringin | Jurnal Inspirasi

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Infrastruktur Irigasi Kelas A Wilayah III, Tirto Maritan, meninjau lokasi saluran irigasi di Ciundang, Desa Ciderum, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor. Peninjauan itu dilakukan, setelah ada usulan dari anggota DPRD Kabupaten Bogor, asal daerah pemilihan (Dapil) III untuk dilakukan penanganan pembangunan tembok penahan tanah (TPT) di sepanjang saluran irigasi tersebut.

Saat meninjau lokasi saluran irigasi, Tirto yang didampingi sejumlah pengawas mengatakan, dari hasil peninjauannya, kondisi saluran irigasi perlu dilakukan pembangunan TPT.  “Memang layak dibangun TPT di sepanjang saluran ini,” ungkapnya kepada wartawan.

Menurutnya, dari titik awal sampai akhir saluran, diperkirakan TPT yang akan dibangun dengan panjang sekitar 500 meter dan menghabiskan anggaran sebesar 500 juta.  “Kalau tahun ini tidak ada alokasi anggarannya, mungkin akan dianggarkan di tahun 2022,” ujar Tirto.

Selain meninjau lokasi saluran irigasi di Desa Ciderum, Tirto juga melakukan pengecekan ke sejumlah lokasi proyek irigasi lainnya yang dibangun pada tahun anggaran 2020. “Kita juga habis keliling ke titik proyek yang sudah dikerjakan di tahun lalu,” papar Tirto.

Pengawas UPT Infrastruktur Irigasi wilayah Kecamatan Ciawi, Dedi Junaedi menjelaskan, peninjauan yang dilakukan ini, sebagai bentuk tindak lanjut dari usulan anggota wakil rakyat saat melaksanakan kegiatan reses di Kecamatan Cisarua beberapa waktu lalu. “Dewan dari Partai Demokrat minta kami di UPT Insfratruktur Irigasi, melakukan pembangunan di saluran air di dekat rumahnya,” imbuhnya.

Dedi berharap, ada pengawalan dari dewan agar pembangunan TPT saluran irigasi tersebut bisa terealisasi di tahun depan saat pembahasan anggaran. “Biar dikawal saja agar dialokasikan anggaran pembangunannya. Kalau kita hanya mengusulkan,” tegasnya.

Sementara, Boyo, warga Kampung Ciderum, Desa Ciderum meminta agar saluran irigasi yang ada di wilayahnya, bukan hanya sekedar dilakukan pembangunan TPT saja.  “Saya ingin ada perbaikan saluran di dekat TPU Ciderum, karena air dari saluran ini tidak mengalir akibat pendangkalan,” tukasnya.

** Dede Suhendar

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles