28.8 C
Bogor
Saturday, April 20, 2024

Buy now

spot_img

Kemendikbud Siapkan Anggaran Rp 2,6 Triliun

Bantu Pelajar dan Mahasiswa Belajar Daring

Jakarta | Jurnal Inspirasi

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbu) mengalokasikan anggaran sebesar Rp 2,6 triliun di APBN 2021 untuk program internet gratis yang akan dibagikan kepada seluruh pelajar dan mahasiswa untuk memperlancar proses belajar daring.

“Program internet gratis akan berlangsung selama tiga bulan kedepan. Ini perjuangan dari Kemendikbud yang Alhamdulillah disetujui bapak presiden,” kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim, saat dialog daring bertema Mendedar Kuota Belajar yang dilaksanakan KPCPEN FMB9, baru-baru ini.

Nadiem menjelaskan, program internet gratis untuk memperlancar pelajar dan mahasiswa belajar daring berasal dari masukan dari berbagai elemen masyarakat. “Usulan kita tangkap kemudian dikaji dan diputuskan, selama tiga bulan kedepan pelajar, mahasiswa serta guru bisa mendapatkan internet gratis, dan akses internet untuk siswa tidak lagi berbasis kuota,” ujarnya.

Menurut Nadien, pelajar, mahasiswa dan guru, nanti dapat mengakses berbagai ragam informasi untuk memperkaya proses belajar mengajar, sehingga diharapkan kebijakan ini akan menambah wawasan dan pengetahuan semua pihak. “Namun tetap dikecualikan adalah akses untuk media sosial, game dan lain-lain,” tegasnya.

Nadiem menyebutkan pembagian kuota internet ini akan dilaksanakan mulai Kamis sampai Senin 11-15 Maret mendatang. “Kecuali yang penggunaannya dibawah 1Gb karena diasumsikan tidak membutuhkan dan yang baru mendaftarkan nomor akan dibagikan pada bulan April 2021,” pungkasnya.

** M.Yusuf

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles