25.6 C
Bogor
Friday, April 19, 2024

Buy now

spot_img

Kota Bogor Jadi Sub Venue Olimpiade 2032

Bogor | Jurnal Inspirasi

Indonesia berkeinginan menjadi tuan rumah Olimpiade 2032, dengan menyertakan Jakarta dalam proses open bidding. Bersaing dengan Brisbane, Australia. Kota Bogor pun disebut sebagai salah satu sub venue yang bakal mendampingi Jakarta sebagai tuan rumah.

Benninu Argoebie (kanan).

Ketua KONI Kota Bogor, Benninu Argoebie mengatakan, pada Kamis (25/2), Ketua KONI Provinsi Jawa Barat Ahmad Saefudin didampingi Wakil Ketua KONI Kota Bogor Dedy Sumarna, Sekretaris Umum KONI Kota Bogor Benhard Nicholas Lumowa serta Sekretaris Bappeda Kota Bogor Rudy Mashudi menemui Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Raja Sapta Oktora.

“Ya ,Alhamdulillah Kota Bogor dipilih sebagai kota pendukung untuk Olimpiade Jakarta 2032,” ujar Benninu kepada wartawan, Senin (1/3).

Ia menceritakan ikhwal terpilihnya ‘Kota Hujan’ sebagai kota pendukung Olimpiade Jakarta 2032. Ketika KONI Jabar memanggil jajaran pengurus teras KONI Kota Bogor untuk membahas keikutsertaan ‘Bumi Tanah Pasundan’ menjadi daerah pendukung Olimpiade 2032.

Salah satu syarat utama memiliki venue yang dirawat secara berkala atau existing, pasca event-event berskala nasional maupun internasional.

Sebelumnya, Jabar juga sempat menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX 2016 dan sub venue Asian Games 2018. Dengan demikian KOI mencari lapangan yang dibangun bukan hanya untuk satu event saja, tapi terus dirawat secara berkelanjutan.

“Kami berbicara tentang Kota Bogor yang memiliki rencana membangun kampung atlet untuk menjadi tuan rumah Porprov XV 2026. Adapun DED (detail engineering design) sedang dalam pengerjaan,” ungkapnya.

Di dalam kampung atlet bakal meliputi lapangan menembak, venue renang, stadion indoor dan mess atlet. KONI Jabar tertarik dengan rencana Kota Bogor, dan membawa hasil rapat untuk disampaikan kepada KOI.

“Kami bersama KONI Jabar kemudian dipanggil KOI karena Kota Bogor masuk dalam kota pendukung Olimpiade 2032 karena ada kampung atlet. Tentu pengerjaannya akan dilakukan dan membutuhkan proses panjang untuk terpilih sebagai tuan rumah,” pungkasnya.

** Fredy Kristianto

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles